Berita Nasional Terpercaya

Tidak Punya Banyak Waktu untuk Merawat Tanaman? Hidrogel Solusinya

0

Bernas.id –  Anda penggemar tanaman? Namun, tidak punya banyak waktu untuk merawatnya? Ataukah Anda kesulitan dalam merawat tanaman? Jangan khawatir. Hidrogel solusinya. Anda dapat menggunakan media tanam hidrogel yang relatif lebih simpel dalam perawatannya.

Hidrogel sendiri adalah polimer buatan yang bersifat fleksibel dan mampu menyerap air 100-200 kali dari ukuran semula. Hal ini membuat tanaman yang ditanam dengan media hidrogel tidak khawatir kekurangan air dan nutrisi. Hidrogel akan mengeluarkan air dan nutrisi ke tanaman secara proporsional sesuai kebutuhan tanaman. Dengan begitu, media hidrogel mampu menghemat penggunaan air melalui pengurangan penyiraman. Hidrogel juga dapat diurai oleh mikroba melalui pembusukan, sehingga aman digunakan. Selain itu, kita juga tidak perlu menggunakan tanah, kerikil, arang, dan media tanam lainnya. Cukup menggunakan hidrogel saja. Hidrogel juga terlihat menarik karena memiliki variasi warna yang bermacam-macam, seperti merah, kuning, hijau, orange, ungu, merah muda, biru, dan sebainya.

Tidak semua tanaman bisa ditanam dengan media ini, contohnya bangsa tanaman berbunga dan berkayu. Tanaman berbunga dan berkayu membutuhkan banyak cahaya matahari, sedangkan hidrogel didesain untuk media tanam dalam ruangan, sehingga jenis ini tidak cocok memakai media hidrogel. Jenis tanaman yang cocok dengan media hidrogel adalah tanaman yang tahan dengan air tinggi dan tahan dengan kelembapan. Contohnya, sirih merah, bambu air, bambu kuning mini, bambu jepang, lidah mertua, kuping gajah, gelombang cinta dan sebagainya.

Cara menanan dengan menggunakan hidrogel juga sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Rendam hidrogel dalam air sekitar empat jam.

2. Bersihkan tanaman yang akan ditanam dengan media hidrogel.  Jangan sampai ada tanah yang tersisa karena ini akan membuat hidrogel rusak.

3. Cuci juga media letak untuk hidrogel lalu keringkan.

4. Setelah hidrogel mengembang, masukkan hidrogel dalam media letak (bisa mengunakan gelas bening, botol mineral). Jangan dulu mengisi media letak penuh dengan hidrogel. Masukan tanamannya terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan kembali hidrogel sampai penuh.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.