Berita Nasional Terpercaya

Keseriusan Jokowi Tutup Celah Korupsi Pejabat Daerah, Ini Rencananya

0

JAKARTA, Bernas.id ? Presiden Joko Widodo menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) untuk memperkecil celah korupsi. Pria yang akrab disapa Jokowi itu serius ingin memberantas dan mencegah tindak pidana korupsi yang sudah seperti penyakit.

“Kita juga siapkan Perpres penerapan e-Budgeting, e-Planning, e-Government yang terintegrasi untuk memperkecil ruang korupsi sistematis,” ungkap Jokowi di acara Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK) di Menara Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/12/17).

Diterbitkannya Perpres nanti diharapkan bisa mengontrol pejabat di tingkat daerah yang ingin bermain-main anggaran. Selain itu, Kepala Negara ingin percepatan pembangunan juga sampai ke tingkat daerah. Kendati demikian, Presiden belum menyebutkan kapan Perpres itu akan diterbitkan. Pemerintah katanya, berupaya meningkatkan kepercayaan publik.

“Upaya keras yang kita lakukan mulai menampakan hasil, alhamdulilah kita perbaiki ease of doing business index dari ranking 120 di 2014 jadi ranking 72 tahun ini,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baginya, ini merupakan pertanda kepercayaan publik meningkat ketika pemberantasan korupsi makin gencar. Indonesia bahkan mendapat predikat layak investasi dari 3 lembaga internasional yakni Standard and Poors, Moody's dan Fitch.

“Survei OECD 2017 Indonesia dapat ranking tertinggi kepercayaan masyarakat kepada pemerintah sama dengan Swiss. Saya juga kaget tapi karena yang survei OECD,” imbuhnya. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.