Berita Nasional Terpercaya

Menakjubkan, Alat Peraga Manusia Ini Punya Darah dan Jantung yang Berdenyut

0

Bernas.id ? Pernah melihat patung alat peraga yang menampilkan organ dalam tubuh manusia? Kendati terlihat menyeramkan, patung tersebut sangatlah berguna untuk memberikan ilustrasi mengenai tubuh manusia beserta organ-organ dalam yang menyusunnya.

Patung peraga itu sendiri tetap memiliki keterbatasan. Misalnya tidak bisa mensimulasikan detak jantung dan aliran darah pada tubuh manusia. Untuk masalah yang satu ini, perusahaan SynDaver Labs punya solusinya.

Perusahaan tersebut memproduksi mayat buatan yang dibuat semirip mungkin dengan mayat manusia yang sebenarnya. Mayat buatan ini terlihat seperti sesosok manusia yang tubuhnya tidak diselubungi kulit, sehingga otot dan organ dalamnya bisa terlihat jelas.

Tidak seperti patung alat peraga biasa, mayat buatan SynDaver dibuat dari bahan yang lunak supaya terlihat semirip mungkin dengan mayat manusia asli. Namun kemiripan mayat buatan SynDaver dengan tubuh manusia asli bukan hanya itu.

Mayat buatan SynDaver juga dilengkapi dengan darah buatan. Tujuannya untuk mensimulasikan kondisi luka yang sebenarnya ketika operasi tengah berlangsung. Saat saluran yang mengandung darah buatan tersebut teriris, cairan menyerupai darah akan mengalir keluar layaknya pembuluh darah yang terpotong.

?Simulator pasien yang kami punya meniru kondisi pasien yang sesungguhnya. Hingga ke bagian, berdarah hingga tewas,? kata Wakil Presiden SynDaver Kevin King. ?Perangkat ini meniru fisiologi yang anda dan saya miliki, jika kita menderita luka yang sama.?

Tujuan diciptakannya mayat buatan ini sendiri adalah untuk membantu mahasiswa kedokteran saat harus melakukan praktik operasi. Mayat buatan ini juga dilengkapi dengan semacam papan kendali untuk mengatur gerakan denyut jantung, tarikan napas, hingga tekanan darah. Saat mayat buatan tersebut ?dioperasi?, perubahan akan terjadi pada tekanan darah dan denyut jantungnya.

?Sepanjang hampir seluruh latihan mereka, sebagian besar mahasiswa tidak punya kesempatan untuk memegang jantung manusia di tangan mereka. (Jantung buatan) kami meniru semua sifat aslinya, dan bahkan berdenyut, sehingga mereka bisa melihat apa yang sebenarnya dilakukan oleh jantung hidup,? kata King.

Leave A Reply

Your email address will not be published.