Berita Nasional Terpercaya

Wow, Ternyata Ini Sikap Bisnis Yang Harus Dimiliki!

0

Bernas.id – Sebagai pelaku bisnis, kita adalah owner, leader sekaligus pengusaha. Peran dan tanggung jawab tersebut melekat dan tidak bisa ditawar lagi. Mindset yang dimiliki harus mendukung aktivitas bisnis seperti inisiatif menyelesaikan masalah, dan kemampuan memberikan motivasi yang memang harus dimiliki oleh semua pelaku bisnis, karena hal itu sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis yang dilakukan. Apalagi dalam dunia bisnis tidak selamanya berjalan mulus, adakalanya bertemu masalah yang harus diselesaikan dengan berbagai risiko, sehingga diperlukan sikap dan mindset yang tepat dalam bisnis.

Bisnis yang sukses merupakan proses yang berkesinambungan mulai dari persiapan sisi materi maupun non materi, sampai dengan pelaksanaannya. Seorang pelaku bisnis yang sukses biasanya memiliki persiapan non materi berupa mindset dan sikap bisnis. Sikap bisnis inilah yang biasanya menjadi penentu jalannya bisnis ke depannya.

Lalu apa saja sikap bisnis yang harus dimiliki? dan mengapa itu penting? kita diskusikan satu persatu.

Passion

Menurut definisi dalam kamus Merriam Webster, passion adalah strong liking or desire for or devotion to some activity, object, or concept, atau bisa dijelaskan sebagai suatu rasa suka atau kegemaran dalam kadar yang kuat, mengenai suatu kegiatan, obyek, atau konsep.

Seorang pelaku bisnis biasanya memiliki passion yang tinggi terhadap apa yang dikerjakannya. Dengan passion yang kita miliki, tentunya kita akan dengan mudah menjalani serangkaian aktivitas bisnis apapun sehingga berpengaruh terhadap perkembangan bisnisnya. Banyak orang mengatakan, ?jika ingin berhasil dalam hidup, kita perlu untuk menjalani hidup sesuai passion kita, agar kita bisa sepenuhnya menikmati apa yang kita kerjakan?.

Passion yang dimiliki oleh seorang pelaku bisnis memungkinkan mereka tetap termotivasi meski dalam keadaan sesulit apapun. Selalu berusaha mencari jalan keluar yang terbaik bagi bisnis dan pelanggannya. Selain itu selalu berusaha meningkatkan kinerja dari apa yang diusahakannya baik dalam hal pelayanan maupun kualitas produknya. Passion merupakan sebuah proses pencapaian dalam diri seorang pelaku bisnis, dan menjadi bahan bakar utama sehingga bisnis tetap berjalan.

Fokus

Fokus menekuni bisnis di satu bidang akan membuat seorang pelaku usaha lebih fokus dalam mengatur waktu. Kesalahan utama saat memulai bisnis biasanya kita mau mengambil semua peluang. Lihat teman jualan di kantor ikutan, lihat bonus jalan jalan MLM pingin ikutan juga, stock barang karena harga lagi promo dari distributor dihajar juga, biasanya yang seperti ini tidak ada yang berjalan satu pun. Sebaiknya fokus satu jenis usaha yang menjadi passion kita dan pilih satu jenis produk agar lebih mudah berkembang. Selain itu agar kita bisa memberikan pelayananan terbaik kepada pelanggan.

Mau Belajar

Ada pepatah yang mengatakan ?tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina?, hal tersebut secara tersirat mengajarkan kita untuk terus menerus belajar meski sudah lepas dari bangku sekolah. Mengutip pendapat Bob Sadino bahwa untuk membangun bisnis itu yang penting berani, komitmen dan mau terus belajar. Walaupun gagal akan menemani kita tapi bukan berarti harus menyerah.

Yang namanya bisnis sudah pasti harus belajar dan memiliki mental pembelajar, bagaimana tidak bahkan dalam sebuah komplain pelanggan sekali pun ada proses pembelajaran dan perbaikan yang harus dilakukan. Kesalahan yang kita alami justru akan melatih pikiran kita menjadi lebih tajam dan menganalisa semua aktivitas bisnis yang sudah dilakukan. Masalah yang dihadapi dalam bisnis sebenarnya sesuatu yang wajar bisa terjadi dalam bisnis sebelum kita sukses, karena justru masalah lah yang membesarkan bisnis kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.