Berita Nasional Terpercaya

Jendela Helikopter AS Jatuh Menimpa Sekolah Dasar Jepang

0

Bernas.id ? Kejutan yang tak menyenangkan didapat oleh warga sebuah SD di Ginowan, Jepang selatan. Jendela helikopter milik militer Amerika Serikat (AS) terlepas dan jatuh ke lapangan SD. Tidak ada korban jiwa akibat insiden ini. Namun, seorang siswa menderita luka ringan akibat terkena serpihan batu yang terlontar saat jendela menghantam tanah.

Jenderal berukuran 1 m2 tersebut jatuh ke lapangan SD pada hari Rabu (13/12/2017) pukul 10.15 pagi waktu setempat. Saat insiden tersebut terjadi, sebanyak 50 orang murid sedang melakukan olah raga di lapangan yang sama.

?Ini bukanlah hal yang seharusnya terjadi karena hal ini bakal menimbulkan kekhawatiran di antara para pegawai sekolah dan penduduk di prefektur,? kata Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga saat menggelar konferensi pers di Tokyo pada hari yang sama.

Militer AS mengakui kalau jendela tersebut jatuh dari helikopter CH-53E helicopter yang berasal dari pangkalan militer Futenma. Kebetulan pangkalan militer tersebut berjarak tidak jauh dari SD tadi. Insiden ini terjadi kurang dari sepekan setelah sebuah benda asing berbentuk silinder jatuh menimpa atap sekolah keperawatan di Ginowan.

Pemerintah AS dan Jepang sendiri sudah lama menerima keluhan dari warga Prefektur Okinawa terkait keberadaan pangkalan militer Futenma. Selain masalah benda jatuh dari pesawat dan helikopter, mereka juga mengeluh kalau suara bising dari pangkalan militer tersebut menganggu warga sekitar.

Pemerintah kedua negara tadi memiliki rencana memindahkan pangkalan militer Futenma ke distrik Henoko yang juga terletak di Okinawa, namun berpenduduk lebih sedikit. Namun rencana tersebut ditentang oleh pemda Okinawa dan warga lokal yang menginginkan Okinawa bebas dari pangkalan militer seutuhnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.