Berita Nasional Terpercaya

Tembok Besar Tiongkok Rusak Akibat Api Unggun Wisatawan

0

Bernas.id ? Bangunan bernilai sejarah tinggi seharusnya dijaga agar bisa menjadi saksi bisu mengenai seperti apa kondisi suatu peradaban di masa silam. Namun dalam realitanya, selalu saja ada tangan-tangan jahil yang mengusik peninggalan bersejarah. Tembok Besar Tiongkok adalah contoh bangunan bersejarah yang belum lama ini menjadi sasaran vandalisme.

South China Morning Post mengabarkan kalau bagian Tembok Besar Tiongkok di Pegunungan Mountain mengalami kerusakan setelah enam orang muda-mudi menyalakan api unggun di dekat tembok. Menurut kesaksian relawan penjaga tembok, insiden tersebut dikabarkan terjadi pada hari Sabtu (9/12/2017) waktu

Foto yang beredar menunjukkan bagian tembok yang hangus akibat terkena api unggun. Kawanan pemuda tadi juga terlihat menggunakan batu dari tembok sebagai alas api unggun untuk mendidihkan ketel air.

Insiden tersebut baru ketahuan setelah seorang relawan yang bernama Li memergoki mereka. Ia beserta rekan-rekannya kemudian memadamkan api secara paksa. Namun saat mencoba membawa kawanan pemuda tadi untuk menghadap ke pihak berwajib, mereka menolak dan kemudian pergi begitu saja.

?Kami meminta mereka untuk mengikuti kami menuruni gunung, namun mereka enggan bekerja sama dan menolak menunjukkan tanda pengenal mereka,? kata Li. ?Pada akhirnya mereka hanya pergi begitu saja dan kami tidak bisa menghentikan mereka.?

Penyelidikan sekarang tengah dilakukan untuk mengidentifikasi kawanan muda-mudi tadi dan menindaknya sesuai peraturan yang berlaku. Berdasarkan hukum di Tiongkok, pelaku vandalisme peninggalan bersejarah bisa dijatuhi hukum penjara 10 bulan atau denda maksimal 500 yuan (hampir 1 juta rupiah).

Leave A Reply

Your email address will not be published.