Berita Nasional Terpercaya

Wow Ternyata Ini Manfaat Menanam Tanaman Hias yang Jarang Disadari!

0

Bernas.id-Sebagian besar orang menganggap bahwa tanaman hias hanya sekedar bermanfaat sebagai hiasan saja, akan tetapi ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh tanaman hias yang jarang diketahui, salah satunya adalah sebagai penyuplai oksigen. Dan masih banyak lagi manfaat menanam tanaman hias di rumah.

Tanaman hias selain bermanfaat untuk keindahan juga bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari maupun industri, dan memberi keuntungan dalam kehidupan sosial dan ekonomi salah satunya adalah membuka peluang usaha sehingga dapat menciptakan lapangan kerja, sedangkan dalam bidang seni manfaat, tanaman hias bermanfaat menciptakan lingkungan yang indah di sekitar tempat tinggal dan pemanfaatan lahan yang kosong sebagai tempat untuk menanam tanaman hias. Sedangkan dalam bidang lingkungan tanaman hias dapat memberikan manfaat yaitu menjaga dan meningkatkan kebersihan udara dan menjadikan lingkungan sekitar menjadi teduh dan segar.

Selain dari manfaat manfaat tersebut ternyata ada manfaat tanaman hias yang jarang disadari oleh seseorang, selain bermanfaat untuk keindahan dan yang lainnya ternyata tanaman hias dapat memberi manfaat bagi psikologis seseorang. Karena berada di taman atau halaman sambil melihat bunga-bunga akan membuat pikiran menjadi lebih tenang sama halnya jika seseorang menanam tanaman hias di pekarangan rumah, secara tidak langsung akan memberikan efek perasaan bahagia ketika melihat bunga yang ditlantas tamannya tumbuh subur dan berbunga.

Menurut American Horticultural Therapy Association (AHTA), terdapat beberapa manfaat  dari memelihara tanaman di rumah terhadap kondisi psikologis dan kognitif seseorang, di antaranya:

  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri
  • Mengurangi stres dan kecemasan
  • Merasakan kebugaran
  • Membantu menenangkan pikiran dan membuat optimisme
  • Meningkatkan konsentrasi dan fokus
  • Meningkatkan kemampuan mengingat

Ternyata begitu banyak manfaat dari menanam tanaman hias yang terkadang tidak disadari oleh mereka yang menanam tanaman hias bahwa efek kebahagian yang dirasakan berasal dari kegiatannya menanam dan mengembangkan tanaman hias di sekitar rumahnya.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.