Berita Nasional Terpercaya

Tak Ingin Bergantung Pada BPJS Kesehatan? Cobalah Tips Berikut!

0

Bernas.id – Ramainya berita penghapusan 8 macam penyakit dari daftar pengkaveran BPJS memang lagi santer beredar. Pendapat yang pro dan kontra seakan berlomba memberikan alasan masing-masing. Jika sudah seperti ini apa yang harus kita lakukan, tetap mengandalkan kartu sakti itu atau ada pilihan lain?

Berikut beberapa tips mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa merasa terbelenggu, yuk kita pelajari: 

1. Pemberian asuransi kesehatan kepada masyarakat terutama menengah kebawah adalah kewajiban pemerintah  dalam hal kesehatan warganya.

2. Saling menjaga serta mengingatkan tentang kesehatan diri dan keluarga merupakan syarat mutlak setiap individu, agar dijauhi dari yang namanya penyakit.

3. Hilangkan berpikir gratis jika harus berobat atau dirawat, karena hal inilah yang membuat kita bergantung pada orang lain dan bersikap pasrah yang tidak jelas.

4. Sisihkan sebagian penghasilan kita untuk dana kesehatan, tetapi hal ini untuk penjagaan saja.

5. Tanamkan untuk saling membantu meringankan penderitaan saudara-saudara kita yang tidak mampu.

6. Buatlah tabungan kesehatan skala kecil di lingkungan rt atau rw seperti  koperasi kesehatan, jika ada warga yang memerlukan dana untuk berobat bisa menggunakan dana yang sudah dikelola dengan baik.

7. Jangan malu atau riskan menggunakan fasilitas puskemas dengan baik, karena dokter-dokter yang bertugas di Puskesmas juga berkulitas.

8. Jadilah dokter untuk diri sendiri, karena hanya diri kitalah yang tahu kapan tubuh kita perlu istirahat dan jangan abaikan sinyal yang sudah disampaikan oleh tubuh kita. 

9. Tetap berpikir positif, karena dengan berpikir positif tubuh mengeluarkan zat imunnya sendiri.

10. Jalani hidup ini sesuai kemampuan tubuh kita, jangan terlalu memaksakan karena jika kita sakit maka kita sendirilah yang merugi.

Tetap jaga kesehatan ya, tetap semangat dalam menjalani hidup ini maka tubuh kita akan merespon yang baik sesuai perintah otak. Jika bisa menerapkan hal ini, kita tidak akan ribut soal biaya kesehatan, betulkan?            

Leave A Reply

Your email address will not be published.