Berita Nasional Terpercaya

Anak Anda Suka Bergerak? Berikut Ini Berbagai Cara Mengarahkannya dengan Baik

0

Bernas.id – Penelitian dari National Association of Sport and Physical Education pada tahun 2013 menyimpulkan, balita sebaiknya meluangkan waktu sedikitnya 30 menit untuk bergerak. Sebab, keaktifan bergerak terbukti ampuh meningkatkan kualitas tidur dan membentuk mental berpikir positif anak. Berikut ini adalah berbagai alternatif yang dapat dilakukan untuk mengarahkan kegemaran ?bergerak? pada anak, yaitu

  • Melihat dunia luar

Pada saat pagi maupun sore hari, paparan sinar matahari dan udara luar akan membuat anak semangat bergerak. Selain itu, terdapat pula berbagai pendidikan informal yang dapat diterapkan pada anak dengan melihat ekosistem dunia luar seperti, tumbuhan dan hewan.

 

  • Bermain di playground

Anak akan bebas bergerak seperti melompat, berlari, atau pun memanjat. Bila lokasi playground terdekat cukup jauh dari kediaman, maka menggunakan halaman dapat menjadi solusinya. Jangan lupa, sediakan pula bola atau sepeda roda tiga sebagai alternatif pola gerak anak.

 

  • Berjalan kaki

Ketika pergi jalan-jalan ke mal misalnya, parkir mobil pada area yang agak jauh dari pintu masuk, dapat menjadi salah satu tips. Hal ini dilakukan agar Anda dan anak memiliki waktu lebih jauh untuk berjalan kaki.

 

  • Nonton TV secukupnya

Bentuk kebiasaan menonton 2 jam sehari, dapat mulai dilakukan. Sebaiknya, pilihkan pula tontonan yang mendorong anak bergerak aktif. Seperti, tayangan eksperimen membuat ketrampilan dari barang bekas, seperti gelas plastik atau pun kertas bekas.

 

  • Outing keluarga

Pilih tempat outing yang memiliki fasilitas outbond yang memungkinkan anak dapat berenang, hiking, atau berjalan. Tak hanya membuatnya lebih aktif dan sehat, outing juga bermanfaat meningkatkan kebersamaan keluarga.

 

Demikian berbagai alternatif mengarahkan gerak aktif anak. Selamat bergerak bersama!

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.