Berita Nasional Terpercaya

Bagi Wanita, Yuk Perhatikan Pemakaian Mukenah yang Benar

0

Bernas.id – Rukuh atau mukenah adalah kain yang dipakai oleh wanita muslim ketika shalat. Untuk saat ini, jenis mukenah ada banyak. Ada yang terusan, ada pula yang terpisah antara atasan dengan bawahan. Pemakaian warna juga diperbolehkan warna apa pun asalkan ketika di luar tidak menimbulkan syahwat bagi laki-laki yang bukan mahram.  Sebenarnya, pemilihan jenis mukenah ataupun warna sah-sah saja apabila pemakaian mukenahnya menutup aurat dengan benar.

Aurat wanita yaitu seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangan. Sebatas mukenah tersebut sudah memenuhi aturan tersebut, berarti itu benar. Namun, yang patut diperhatikan, batasan wajah yang boleh terlihat hanya muka. Daerah leher atau langi-langit leher harus tertutupi oleh mukenah. Maka solusinya, mukenah harus berada di ujung dagu.

Sementara di bagian kening, mukenah tidak boleh menutupi kening terlalu rendah dengan kedua alis. Ukurannya sekitar tiga jari dari kedua alis untuk batasan mukenanya.

Setelah memenuhi aturan dagu dan kening, maka bisa dikatakan bahwa muslimah tersebut sudah menutup auratnya ketika shalat. Karena sesuai aturan islam, aurat yang boleh ditampakkan adalah wajah dan telapak tangan.

Dapat disimpulkan, ternyata tidak hanya aurat ketika ke luar rumah yang diatur dalam islam. Jika biasanya jilbab harus menutup dada, mukenah harus menutup seluruh badan. Jika jilbab boleh menampakkan dagu, mukenah ketika shalat tidak boleh menampakkan ujung dagunya saja.

Maka, hendaknya muslimah syari memerhatikan aturan mukenah terhadapnya. Jangan sampai sesuatu yang selama ini dilakukan mengurangi pahala karena kurang sempurnanya pemakaian mukenah. Setelah memperoleh ilmu ini, sudah menjadi keharusan segera dilaksanakan dan disebarkan kepada kalangan muslimah lainnya, sehingga semua muslimah di dunia ini menerapkan sunnah yang diajarkan Nabi dengan benar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.