Berita Nasional Terpercaya

Ini 6 Fakta Siswa Zaman Now ‘Membalas’ Jasa Guru

0

Bernas.id – Semua orang sukses, baik entrepreneur, direktur, insinyur, dosen, selalu punya guru di kehidupannya. Sejatinya manusia di dunia ini melewati tahap belajar yang tak lepas dari uluran tangan para guru. Namun ternyata, banyak dari siswa yang meremehkan jasa guru, dengan cara berikut ini:

1. Tidur di kelas

Siswa zaman now tidak ada hormat-hormatnya pada guru. Tidur di kelas bukan rahasia umum, memang. Namun, jika tidur di kelasnya atas dasar kesengajaan dan tidur di saat guru menerangkan, bagaimana? Tidak etis, bukan?

2. Keluar ketika disuruh keluar

Kadang-kadang guru dibuat geram oleh siswanya yang tak menghargainya. Guru pun menyuruhnya keluar. Bukannya meminta maaf atau menyesal, ia malah mengatakan, ?Terima kasih, itu mimpi saya sejak tadi?.

3. Menjahili Guru

Ulah siswa lainnya dengan membenci guru yang sedang mengajar adalah menjahili sang guru, seperti membidik dengan karet. Beberapa guru menghadapi siswa seperti ini dengan sabar dan menasihati baik-baik. Namun, apakah sopan jika siswa yang tinggal di negara ramah-tamah seperti Indonesia berani terhadap guru? Tidakkah ia berterima kasih padanya?

4. Merokok di kelas

Rokok tidak dikonsumsi oleh orang dewasa saja. Remaja berumur 13-17 tahun pun bisa ikut-ikut merokok karena faktor coba-coba. Termasuk, di kelas. Remaja sekarang kalau tidak diingatkan untuk merokok di luar kelas atau ada peringatan ?no smoking?, mereka akan tetap seenaknya merokok di dalam kelas. Selain mengganggu teman yang lain, merokok bisa mengganggu kesehatan. 

5. Mengangkat kaki di kelas

Pemuda yang sombong inilah biasanya suka mengangkat kaki di kelas. Merokok dengan mengangkat kaki seakan ia adalah raja, tentu suatu hal yang sering dilihat bagi sekolah yang tidak menerapkan peraturan di sekolahnya. Ada guru atau tidak, kakinya tidak mau diturunkan.

6. Pergi ke UKS, lalu kabur

Ini modus siswa zaman dulu. Ingin bolos sekolah, tetapi tetap mengisi absensi. Diperbolehkan beristirahat di Unit Kesehatan Sekolah (UKS), tetapi pergi ke luar sekolah kemudian. Sakit hanya berpura-pura, pulang-pulang baju kotor semua karena melakukan jalan-jalan di luar sekolah.

Enam fakta mengenai remaja yang membalas jasa guru ini harap menjadi koreksi bagi pelajar zaman sekarang yang kurang menghormati gurunya. Jika pemberi ilmu saja diperlakukan kurang hormat, yakinkah ilmu-ilmu bisa diterima dengan sempurna?

Leave A Reply

Your email address will not be published.