Berita Nasional Terpercaya

Tiongkok Gunakan Drone untuk Kirimkan Obat ke Desa Terpencil

0

Bernas.id ? Dewasa ini, drone menjadi pemandangan yang kian lazim dijumpai di langit. Bentuknya yang ringkas dan kemudahan dalam pengoperasiannya menyebabkan wahana terbang kecil ini kian banyak digunakan oleh orang-orang. Seiring dengan kian banyaknya orang yang menggunakan drone, pemanfaatan benda terbang ini pun juga semakin beragam.

Di Tiongkok, drone mulai digunakan untuk mengirimkan kebutuhan medis ke lokasi terpencil. Lokasi tersebut adalah desa Atule?er di Provinsi Sichuan, Tiongkok selatan. Desa yang terletak di dataran tinggi ini pada tahun 2016 lalu pernah menjadi viral setelah beredarnya kabar kalau anak-anak setempat harus naik turun tebing memakai tangga hanya untuk bersekolah.

Drone ini dalam penerbangan perdananya membawa obat-obatan seperti obat anti infeksi dan demam. Penggunaan drone ini diharapkan bisa menjadi solusi atas lamanya waktu yang diperlukan untuk membawa obat-obatan ke desanya.

Selama ini diperlukan waktu antara enam hingga sembilan jam untuk membawa kebutuhan medis ke Atuler?er. Namun dengan drone ini, waktu tersebut bisa dipangkas menjadi hanya 10 menit.

?Warga desa harus menuruni tangga hanya untuk membeli obat dan kebutuhan pokok. Hal tersebut sungguh tidak nyaman, karena dibutuhkan waktu beberapa jam untuk menyelesaikan perjalanan secara penuh,? kata warga desa setempat yang bernama Muse Wuha. ?Namun drone ini bisa terbang ke bawah hanya dalam hitungan menit.?

Drone ini merupakan hasil kerja sama dari pemerintah daerah setempat dengan perusahaan online JD.com. Namun tidak dijelaskan seberapa sering drone tersebut bakal digunakan untuk mengirimkan obat beserta kebutuhan pokok lainnya.

Tiongkok bukanlah satu-satunya negara yang menggunakan drone untuk mengantarkan kebutuhan medis. Sebelumnya negara Rwanda yang terletak di Afrika juga menggunakan drone untuk mengirimkan kebutuhan medis ke rumah-rumah sakit yang jalur infrastruktur daratnya berada dalam kondisi buruk.

Leave A Reply

Your email address will not be published.