Berita Nasional Terpercaya

Tahun 2020 Jalur Ganda Rel Kereta Api Bogor-Sukabumi Siap Beroperasi

0

SUKABUMI, Bernas.id – Jalur ganda rel kereta api (KA) Bogor-Sukabumi diyakini pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan selesai tahun 2020 mendatang.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, di Cicurug, Jumat (15/12), dirinya menilai Sukabumi memiliki potensi yang menjanjikan di bidang pariwisata, perdagangan, properti, pangan, potensi tersebut belum didukung transportasi dan infrastruktur yang berkualitas.

?Pemerintah melaksanakan pembangunan jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi sepanjang 57 kilometer yang selama ini hanya dilayani oleh kereta Pangrango yg tadi kita lihat tiga kali sehari. Hanya dengan 6 gerbong karena kelandaian15 sangat curam,? ujar Budi.

Dirinya menilai, dengan terselesaikannya proyek ini, diharapkan waktu tempuh Bogor ke Sukabumi bisa semakin singkatm dimana yang awalnya 2,5 jam bisa menjadi 1 jam. Selain itu menambah kapasitas 3.500 penumpang per hari bisa lebih dari 11.000 penumpang sehari.

?Tentunya dengan pembangunan ini maka akan semakin memudahkan transportasi dikawasan ini,? paparnya.

Tercatat pembangunan Double Track (jalur ganda) tahap pertama kereta api Bogor-Sukabumi dimulai Desember 2017. Untuk tahap pertama akan dibangun sepanjang 7 kilometer antara Cicurug ke Cigombong. Lebih lanjut Menhub mengatakan persoalan lainnya dalam jalur KA Bogor-Sukabumi adalah jalur yang menanjak dan berliku.

?Jalur rel kereta api ini akan kita buat tanjakan dan tikungan menjadi lebih landai yaitu dengan menurunkan (ketinggian tanah) kira-kita lebih dari 10 meter supaya jalur keretanya tidak menanjak,? tambah Budi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.