Berita Nasional Terpercaya

Tahukah Anda? Kesehatan Area Ini Ternyata Berpengaruh pada Kesehatan Seluruh Tubuh

0

Bernas.id ? Pentingnya menjaga kesehatan gigi. Karena kesehatan gigi, berpengaruh penting pada kesehatan seluruh tubuh. Keduanya saling berkaitan satu sama lain. Berikut kaitan kesehatan gigi pada kesehatan seluruh tubuh:

1. Kebersihan Rongga Mulut

Rongga mulut merupakan salah satu pintu masuk bakteri penyebab penyakit ke bagian tubuh lainnya, baik aerob maupun anaerob. Bakteri pada rongga mulut ternyata dapat menyebar melalui aliran darah, yang disebut dengan bakteremia. Nah, dengan rongga mulut yang bersih maka bakteri tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh.

2. Kesehatan Mulut                         

Jika kesehatan mulut Anda optimal, bakteri yang dapat masuk ke dalam aliran darah hanya sedikit dan tidak membahayakan tubuh. Namun, jika kesehatan mulut Anda tidak terjaga dengan baik, maka jumlah bakteri yang akan masuk ke dalam aliran darah meningkat dua sampai sepuluh kali lipat. Hal tersebut dapat meningkatkan peluang terjadinya bakteremia menjadi lebih besar. Kejadian ini akan membahayakan tubuh.

3. Kebersihan Mulut

Tanpa kebersihan mulut yang tepat, bakteri juga dapat mencapai tingkat yang menyebabkan infeksi mulut, seperti kerusakan gigi dan penyakit gusi. Teori fokal infeksi menyebutkan bahwa infeksi pada rongga mulut bertanggung jawab pada terjadinya tiga penyakit berbahaya, yaitu penyakit kardiovaskular, diabetes melitus, dan aterosklerosis.

Nah, mulai sekarang marilah menjaga kesehatan gigi dan mulut agar kesehatan seluruh tubuh juga ikut serta terjaga. Dengan melakukan hal ini, berarti Anda mensyukuri dan berterimakasih kepada Allah yang telah memberi kesempatan untuk menikmati kesehatan yang sangat luarbiasa ini.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat berakhir pekan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.