Berita Nasional Terpercaya

5 Keuntungan yang Perlu Kita Sadari Ketika Berbelanja Ke Pasar Tradisional

0

Bernas.id – Siapa yang tidak kenal dengan pasar tradisional? Pasar tradisional sebelumnya identik sebagai pasar yang kotor, becek, dan bau yang tidak sedap, dengan pedagang nenek-nenek tua memakai kebaya lusuh. Pasar tradisional ini ada yang dikelola oleh PD Pasar Jaya dan ada yang muncul begitu saja, atau yang kita kenal dengan pasar kaget. Ciri khas pasar kaget ini biasa tumpah ruah hingga ke badan jalan. Fenomena ini menarik sekali dan hanya ditemui di Asia sebagai budaya jual beli.

Kini sebagian besar pasar tradisional sudah bertransformasi menjadi pasar modern yang nyaman untuk berbelanja. Sudah tak kita temukan pasar yang kotor, becek dan bau. Bahkan sekarang kita melihat pedagangnya di isi oleh mayoritas orang muda.

Oh ya, kita ingat-ingat dahulu, ada beberapa hal yang menguntungkan saat kita berbelanja ke pasar tradisional:

1. Harga lebih murah

Harga barang di pasar tradisional hampir selalu lebih murah daripada supermarket, apalagi jika kita sudah berlangganan dengan toko agen. Toko supermarket lebih mahal karena ongkos simpan gudang, karyawan, listrik dan sewa tempat juga terhitung mahal, beda dengan pedagang tradisional yang hanya dikelola oleh satu orang dengan sewa tempat lebih murah.

2. Kita bisa menjumpai makanan dan  barang-barang khas

Apakah kita ingin mencari penganan tradisional? Di pasar tradisional kita masih dengan mudah menemui makanan dan minuman khas lokal. Atau kita mencari ulekan yang asli batu? Pasti barang ini hanya bisa kita jumpai di pasar tradisional.

3. Kita bisa berkomunikasi hangat dengan pedagang

Pasar tradisional yang dekat dengan lingkungan warga, setiap hari hanya dikunjungi oleh orang yang itu-itu juga. Sehingga terjadi kedekatan emosionil antara pengunjung pasar dengan pedagang. Di saat membeli selalu ada percakapan hangat dari mengenai keluarga, lingkungan hingga kondisi Negara.

4. Kita bisa mengambil dulu barang, bayar esok hari

Saking dekatnya, kita bahkan bisa mengambil barang terlebih dulu lalu bayar esok hari dengan bermodal kepercayaan. Hal ini tentu berbeda dengan bila kita berbelanja di pasar modern, bisa saja hutang namun harus dengan kartu kredit.

5. Barang yang dijual lebih fresh

Barang yang kita dapatkan selalu dalam keadaan fresh, apalagi jika toko tradisional itu selalu laris manis setiap hari. Setiap barang yang mengecewakan akan menjadi promosi negatif bagi si pedagang, apalagi jika tahu bahwa pembelinya adalah pelanggan tetap yang mungkin bisa beralih ke toko lain.  

Nah itulah 5 hal positif  jika kita berbelanja ke pasar tradisional, pernahkah Anda mengalami hal di atas?

Leave A Reply

Your email address will not be published.