Berita Nasional Terpercaya

Masa Lalu Biarlah Berlalu, Apa Iya?

0

Bernas.id – Setiap orang pasti memiliki masa lalu. Karena masa lalu adalah segala sesuatu yang terjadi baik kita memutuskan untuk terjadi berdasarkan kemauan kita atau pun tidak. Yang pasti, masa itu tidak akan berputar dan terulang kembali.

Kita ada di masa kini juga salah satu alasan adanya masa lalu, setuju atau tidak? Karena kemarin adalah masa lalu, sekarang adalah masa kini, dan besok adalah masa depan. Mereka adalah masa yang tak pernah menyatu, tetapi saling terhubung satu sama lain.

Mungkin di antara kita pastinya ingin sekali lepas bebas dari jeratan masa lalu. Masa di mana mungkin kita sering resah, galau tak menentu dan masih belum bisa bijak dalam menghadapi suatu permasalahan. Karena di masa lalu sering teringat dan terngiang-ngiang dalam kalbu, yang direbut paksa oleh sang waktu tanpa kita mau.

Lalu, bagaimana hidup dan hati kita bisa tenang jika masa lalu selalu menjadi bahan pikiran kita?

Mau seperti apapun kita berusaha tak terima akan hal itu, mau tidak mau, suka tidak suka, masa lalu adalah bagian dari hidup kita. Kita harus terima itu. Kita memang hidup di masa kini, kita tidak hidup di masa lalu. Tapi tanpa masa lalu kita tidak akan bisa sampai di masa kini. Begitu juga dengan masa depan, kelak masa kini akan menjadi masa lalu di masa depan kita.

Masa lalu tidak untuk dilawan, karena mau tidak mau itu pernah menjadi bagian dari perjalanan hidup kita, bukan?

Lalu, bagaimana kita bisa mengikhlaskan masa lalu yang ingin kita lupakan jika tidak ada tindakan? Ayolah, hidup ini indah. Seberapa buruk kenyataan hidup ini, kita tetaplah harus bijak dalam menghadapinya. Semakin kita ingin lari dan membenci hal di masa lalu, hal itu akan semakin terus membayangi setiap langkah kita.

Ingin suatu perubahan, tapi teori tanpa action sama dengan ?Nol?. Ayolah, bangkit dan berdirilah tegap dari keterpurukan! Ingatlah, di saat ada satu pintu tertutup untuk kita, Allah Subhanahu Wa Ta?ala akan membukakan ribuan pintu lain untuk kita. Banyak sekali cara untuk kita bisa menyikapi kegalauan dan kegundahan hidup kita akan masa lalu yang selalu membayang-bayangi kehidupan kita.

1. Berserah diri hanya pada Allah Subhanahu Wa Ta?ala;

Tidak ada tempat terbaik untuk curhat, mengadu dan berkeluh kesah selain hanya pada-Nya. Karena Ia-lah Sang Penguasa segalanya, yang mengatur segala kerumitan di dunia ini. Jadi, hendaknya memang kita berserah hanya pada-Nya, maka pastinya akan membuat kita merasa tenang dan yakin bahwa masa lalu kita memang merupakan bentuk dari seijzin-Nya.

Semua yang terjadi memang kehendak-Nya. Kita haruslah mempercayai bahwa masa lalu kita juga merupakan salah satu jalan dari rencana-Nya untuk kehidupan kita menuju lebih baik. Jadi, sekarang tinggal bagaimana kita bersikap ke depannya untuk mengubah masa depan yang jauh lebih baik dan indah.

2. Berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama yang mungkin bisa membuat kita lebih nyaman;

Jangan berusaha melupakan masa lalu, karena akan semakin sulit melupakannya. Cukup masa lalu itu kita kenang agar sewaktu-waktu kita bisa menolehnya dan agar kita tidak sampai kembali terperosok pada hal yang sama. Marilah kita membaur dan menjalani hari-hari dengan teman-teman dan sahabat kita seperti biasanya seperti tak pernah terjadi apa-apa.

Ingatlah kita tidak pernah sendirian. Tanpa kita sadari pun, ada sahabat yang selalu setia menemani kita dalam suka maupun duka.

3. Biarkan semua mengalir dengan sendirinya, jangan mencoba dan berusaha melupakan.

Karena semakin kita berusaha melupakan apa yang terjadi di masa lalu, maka hati kita akan semakin kuat menolaknya. Jadi, ya jalani saja apa adanya, anggap semua itu sebagai insptrospeksi diri kita!

4. Melakukan apa saja yang membuat kita bahagia;

Kita suka nulis? Ya nulis saja, menulis hal yang bermanfaat yang bisa diambil pembelajarannya oleh banyak orang, kenapa tidak? Suka travelling, ya lakukan jika itu membuat kita bahagia. Asal semua tetap pada jalur yang benar.

5. Berdamai saja dengan masa lalu, karena kelak kita pasti akan mengerti apa arti “Semua Indah Pada Saatnya”.

Jika kita sudah bisa menemukan kebahagiaan kita, maka kita akan sadar bahwa masa lalu tak layak kita buang dan lupakan begitu saja. Karena di situlah tempat kita belajar.

Karena sampai kapan pun kita tak akan bisa melupakan masa lalu, kecuali Allah Subhanahu Wa Ta?ala menghendakinya. Biarkan saja cerita di masa lalu tetap hidup dan berdamai dengan hati kita, sebab masa lalu hanyalah cermin yang kapan saja bisa lihat sebagai tolok ukur diri kita.

Biarkanlah masa lalu kita tetap ada, sebab yang indah bukan karena kita selalu mengingat semua kenangan di masa lalu, tapi saat kita bisa mengambil setiap hikmah yang Allah Subhanahu Wa Ta?ala sampaikan kepada kita.

Maka marilah kita selalu bisa belajar dari masa lalu. Agar kita tak mengulangi kesalahan yang pernah terjadi di waktu itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.