Berita Nasional Terpercaya

Ternyata Kegagalan Tak Selamanya Buruk, Inilah Manfaat Dari Kegagalan

0

Bernas.id – Semua manusia pasti pernah mengalami yang namanya gagal. Gagal mendapat pekerjaan, gagal mendapatkan hati lawan jenis, gagal mencapai tujuan, dan sebagainya. Bill gates, Mark Zuckerberg, Steve Job, atau siapapun orang yang Anda anggap sukses sekalipun pasti pernah mengalaminya. 

Memang gagal itu sangat menyakitkan, kalau tidak menimbulkan luka di hati juga bisa menyebabkan keengganan untuk berusaha. Banyak orang frustasi hingga mengalami stress dan depresi karena berbagai kegagalan yang dihadapi.

Namun sadarkah Anda bahwa kita memerlukan kegagalan itu? Thomas Edison sang ilmuwan pernah mengalami ratusan kali sebelum dia menemukan bola lampu. Dengan positifnya dia berkata, bahwa dia mengetahui ratusan cara yang tidak menghasilkan lampu dan dia hanya perlu satu cara untuk menghasilkannya. Begitu juga dengan Kolonel Sanders pendiri KFC, bukankah resepnya ditolak puluhan kali sebelum diproduksi dan seterkenal sekarang.

Minimal ada lima manfaat sebuah kegagalan. Ini dia manfaatnya:

1. Melatih kesabaran diri

Kebanyakan orang akan kesal dan marah menerima kegagalan. Nah, dengan menerimanya sebagai sebuah proses maka kita melatih diri kita untuk bersabar. Ya, kesal dan marah tidak akan mendatangkan kesuksesan bukan?

2. Membuat kita jadi kreatif

Siapa sih, yang ingin gagal? Namun kegagalan itu memaksa kita berpikir lebih kreatif. Mencari cara lain yang tidak biasa bahkan out of the box. Bagaimana ikhlaskah Anda menjadi kreatif?

3. Menyadarkan kita pada kelebihan kita

Semakin sering kita mendapat kegagalan, maka kita semakin sering menerima masalah dan berusaha mencari solusinya. Justru di saat itulah muncul yang terbaik dari kita. Ya, bukankah selalu ada the power of kepepet

4. Menjadikan kita pribadi tangguh

Bersyukurlah dengan semua keadaan yang ditetapkan Tuhan untuk kita, termasuk dalam hal kegagalan. Karena sebenarnya Tuhan sedang mempersiapkan jiwa kita untuk lebih kuat dan tangguh.

5. Membuat kita rendah hati

Terakhir, kegagalan membuat kita mawas diri. Bahwa sebenarnya Dialah pemilik segala kesuksesan. Kalaulah kita sukses, itu karena izin-Nya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.