Berita Nasional Terpercaya

Kulit Anda Sensitif? Inilah yang Perlu Anda Ketahui Serta Perawatannya

0

Bernas.id – Apakah Anda sering kali merasa kulit wajah Anda menjadi merah, terasa kering, dan panas setelah menggunakan kosmetik atau produk perawatan kulit wajah tertantu? Kemungkinan hal tersebut dikarenakan Anda memiliki kulit berjenis sensitif. Untuk itu, mari ketahui lebih dalam mengenai kulit jenis ini, hingga Anda bisa merawatnya dengan lebih tepat.

Startum korneum (lapisan kulit teratas) akan menjadi lapisan pertahanan pada kulit dari segala hal yang menjadikan kulit mengalami iritasi. Namun, lapisan kulit tersebut dapat bekerja dengan baik, jika memiliki tingkat kelembapan yang tepat. Permukaan kulit biasanya meiliki tingkat keasamaan/ pH 5,5. Tiap perubahan pH akan memicu kulit menjadi lebih lemah sehingga timbul reaksi, seperti kulit sensitif dan iritasi. Reaksi tersebut dipicu oleh bahan kimia tertenti dan faktor luar seperti polusi, cuaca, faktor keturunan, atau pun hormonal seperti stres, hamil, dan pubertas.

Terdapat 4 jenis kulit sensitif, yakni:

  1. Jerawat. Umumnya memiliki kulit berminyak, disertai jerawat yang meradang.
  2. Kemerahan. Ditandai dengan kulit wajah yang kemeraan dengan lapisan kulit yang tipis. Penyebabnya antara lain faktor genetis, bakteri, dan paparan sinar matahari yang berlebih.
  3. Terbakar. Kulit akan terasa panas bagiakan terbakar dikarenakan reaksi terhadap suatu zat kimia tertentu, maupun suhu yang ekstrem.
  4. Dermatitis. Merupakan kondisi kulit alergi dan sensitif terhadap iritan tertentu, seperti suatu zat kimia.

Anda pun juga perlu mengetahui berbagai langkah yang perlu dan tidak perlu dilakukan. Tentu saja hal ini dilakukan guna memberikan perawatan kulit yang tepat. Di antaranya adalah, sebagai berikut:

  • Awali perawatan wajah dengan pembersih yang tepat. Pilih produk pembersih yang lembut, tanpa pewangi, dan bertekstur lembut atau pun gel.
  • Pilih penyegar atau toner berbahan dasar air dan tidak mengandung alkohol. Dikarenakan pembersih yang mengandung alkohol dapat memicu kulit sensisif semakin bermasalah.
  • Bagi pemilik kulit sensitif berjerawat, memilih produk yang mengandung tree oil dapat menjadi salah satu cara menuntaskan jerawat.
  • Jangan terlalu sering mencucui wajah dengan sabun pembersih. Cukup melakukan dua kali sehari, yakni pagi dan malam hari. Semakin sering mencuci wajah, kulit akan kehilangan kelembapan alami dan semakin kering.

Cukup sekian ulasan awal mengenai kulit sensisti. Semoga dapat menjadi informasi bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba dan memiliki kulit yang lebih segar dan sehat, ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.