Berita Nasional Terpercaya

Hobi Foto-Foto? Kamu Wajib Tahu Tentang Sheen Level dan Still Life Fotografi Ini!

0

Bernas.id – Fotografi adalah hobi yang mulai banyak penggemarnya baru-baru ini. Bahkan sosial media seperti Instagram, menjadi tempat berkumpulnya fotografer dari seluruh penjuru dunia. Tidak heran jika sekarang iklan-iklan produk pun mulai memprioritaskan visual foto daripada sekedar tulisan. Selain simpel, foto juga secara singkat dapat langsung memberikan informasi tanpa harus mengeluarkan banyak kuota.

Fotografi pun langsung melejit menjadi ajang untuk menambah pendapatan dengan cepat. Salah satunya adalah Still Life Photograph. Bentuk fotografi yang satu ini membuat barang mati tampak lebih hidup dan artistik. Still Life banyak digunakan untuk mengiklankan produk barang agar lebih menarik konsumen.

Cara membuat barang terlihat menawan adalah dengan meletakkannya pada latar belakang dengan warna yang polos. Bisa menggunakan tembok, maupun kain sebagai background. Beberapa fotografer memilih kertas berwarna maupun kain untuk mengambil foto ini. Namun, jika menggunakan tembok atau triplek akan lebih nyata hasilnya. Kain gampang kusut, kertas pun mudah sobek. Sedangkan tembok akan lebih kuat dan tahan lama. Tinggal diganti catnya saja jika membutuhkan warna lain.

Jangan lupa untuk bermain cahaya, karena fotografi adalah seni melukis cahaya. Selain background yang digunakan, seorang fotografer harus mengetahui posisi yang tepat saat meletakkan pencahayaan. Key Light, Fill Light, maupun Back Light yang tergabung dalam Three Point of Light ini harus sepenuhnya diperhatikan oleh fotografer. Cahaya utama (Key Light) harus ditepatkan pada sisi menonjol objek. Fill Light atau cahaya penetral diletakkan di seberangnya. Sedangkan Back Light merupakan kebutuhan penting agar bayangan di objek menjadi samar atau tidak tampak kuat.

Tentunya, fotografer akan kesulitan mengatur dan bermain posisi pencahayaan jika backgound yang digunakan malah memantulkannya ke kamera dan membuat masalah baru. Oleh karena itu, agar kreativitasmu tak terbatas karena masalah pemantulan sibar, cobalah mengecat tembok background-nya dengan Envi, produk cat yang memiliki Sheen Level tidak terlalu tinggi.

Sheen Level (SL) adalah tingkat kemampuan permukaan dinding untuk merefleksikan cahaya. Semakin tinggi SL-nya, maka tembok akan semakin mengkilat. Selain aman digunakan untuk bermain cahaya, produk cat dari Indaco ini memiliki harga ekonomis dengan warna yang cerah dan bersih.

Jadi, sudah tahu, kan, rahasia still life photograph yang tampak menakjubkan itu? Tunggu apa lagi, segera ambil kameramu dan mulai bekarya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.