Berita Nasional Terpercaya

6 Langkah Membuat Bolu Mengembang, Anti Gagal!

0

Bernas.id – Untuk para perempuan, membuat bolu adalah keterampilan yang menantang, namun apabila dia bisa mempraktekannya, hal tersebut merupakan hal yang prestisius dan itu artinya ia ?cewek banget? dia nggak sih?

Dan untuk mendapatkan predikat yang ?cewek banget? itu, perjuangannya lumayan sulit loh. Karena tidak banyak perempuan yang bisa membuatnya, hal yang membuat gagal adalah apabila si bolu ini bantat alias tidak mengembang, meskipun rasanya bisa dibilang enak.

Untuk itu, ikuti tips dalam membuat bolu mengembang yang anti gagal!

1. Ikuti langkah pertama

Siapkan bahan-bahan dalam membuat bolu, pastikan alat-alat dan bahannya ada di dekatmu, lalu nyalakan oven pada suhu 180 derajat celcius. Hal ini untuk menjaga suhu oven dalam keadaan siap, jika kamu menggunakan oven kompor, maka siapkan oven dan setel api pada posisi paling kecil. Biarkan oven dalam posisi menyala, sambil mempersiapkan bahan-bahan selanjutnya.

2. Mentega dalam keadaan suhu ruangan

Setelah menyiapkan oven, cairkan mentega. Setelah mentega cair, yang pasti dalam kondisi panas, diamkan hingga suhu ruangan. Salah satu komponen yang membuat bolu bantat adalah mentega yang masih dalam suhu hangat dan bercampur dengan bahan yang lain.

3. Menyiapkan loyang

Siapkan loyang yang telah diolesi sedikit margarin dan tepung, hal ini bertujuan agar saat bolu matang, bagian bawah bolu yang bersentuhan dengan loyang tidak lengket.

3. Telur

Penyebab bantat yang lain adalah telur dalam suhu. Solusinya, sebelum membuat bolu, keluarkan telur dan diamkan semalaman, hal ini bertujuan agar saat membuat bolu, suhu telur ada pada suhu ruangan. Setelah itu, mixer hingga mengental, eiitss ? jangan pula mengocok terlalu lama, ya! Hanya sampai warnanya agak memutih dan kental hingga jika mangkuk pengocok di balik, adonan telur tidak tumpah karena sudah kental dan lengket. Kesalahan juga sering terjadi saat pengocokan telur hingga berbusa naik, tekstur pengocokan telur sangat penting untuk keberhasilan bolu. Tekstur telur yang terlalu ringan akibat pengocokan yang terlalu lama akan menyebabkan hasil bolu kempes.

4. Terigu

Saat ingin mencampurkan terigu ke telur yang sudah dikocok, tiriskanlah terlebih dahulu. Hal itu untuk menghasilkan adonan yang homogen, juga menghindari adonan yang menggumpal. Untuk pemula, aduk adonan terigu dan telur lebih baik menggunakan spatula dengan perlahan, jika ingin menggunakan mixer, setel dengan kecepatan paling rendah.

5. Pencampuran bahan

Bolu dapat bervariasi rasa tergantung dengan tambahan apa kita dalam mencampur bahan dasarnya. Jika ingin membuat bolu vanila, maka campur susu bubuk dengan terigu, jika bahan tambahan yang dipakai adalah madu, maka campur bahan madu dengan mentega. Kamu bisa menjadikan bolu aneka rasa sesuai selera, intinya bila bahan tambahan berbentuk bubuk, maka campurlah dengan bahan terigu hingga rata, baru masukka ke adonan telur yang sudah di mixer, bila bahan tambahannya cair, maka campur dulu ke bahan mentega dan seterusnya.

6. Jangan sering menengok bolu dalam oven

Inti dalam membuat bolu adalah semua bahan yang akan dipakai harus dalam suhu ruangan, lalu hal terpenting lainnya adalah suhu oven yang stabil, maka saat semua bahan sudah diletakkan pada loyang, jangan sering menengok bolunya, toh bolu kamu nggak akan hilang, iya nggak? Hehe.

Bila alasan sering menengok bolu adalah karena takut gosong, maka bolu yang hampir matang akan mengeluarkan bau yang harum, saat bolu mengeluarkan aroma maka kamu boleh mengeceknya dengan menusuk bagian tengah bolu dengan tusuk gigi.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.