Berita Nasional Terpercaya

Dieng, Destinasi Wisata Gunung Purba di Wonosobo yang Tak Lekang Oleh Waktu!

0

Bernas.id ? Salah satu tujuan wisata kali ini adalah dataran tinggi Dieng. Terletak di ketinggian kurang lebih 2.000 meter di atas permukaan laut (dpl), Dieng memiliki suhu dingin 12º-20º Celcius di siang hari dan 6º-10º Celcius di malam hari. Secara geologi, dataran tinggi Dieng merupakan wilayah datar yang secara administrasi masuk ke dalam 2 kabupaten, yaitu Desa Dieng Kulon masuk wilayah Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, sedangkan Dieng Wetan masuk wilayah Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Penduduknya 100% beragama Islam.

Sebenarnya, apa yang disebut sebagai dataran tinggi Dieng itu merupakan kaldera dengan beberapa gunung aktif di sekitarnya. Aktivitas vulkanik di bawah permukaan tanah yang sangat mengagumkan seperti Yellow stone atau dataran tinggi Tengger. Suatu saat akan muncul semburan gas berasap putih dari lubang-lubang kawah kecil yang tersebar di seluruh wilayah dataran tinggi Dieng.

Uniknya, justru di sinilah terdapat ratusan titik obyek wisata yang bisa kita nikmati. Ada sejumlah gunung aktif yang senantiasa mengeluarkan asap putih dari kawahnya. Ada sejumlah bukit yang bisa kita daki, seperti Bukit Sikunir dengan ketinggian 2.463 meter dpl. Beberapa kawah dengan warna berbeda-beda padahal lokasinya berdekatan. Titik-titik sumber air panas serta fakta nyata kawah belerang Sikidang, yang konon selalu berpindah-pindah lokasinya, melompat-lompat seperti kijang. Bahkan di suatu area terdapat sumber mata air yang disebut Bimo Lukar, yang menjadi hulu dari Sungai Serayu. Terdapat pula situs candi purbakala dengan nama-nama tokoh pewayangan, seperti Candi Bima, Candi Arjuna, dan lainnya. Mungkin inilah sebabnya disebut Dieng, berasal dari kata ?Di? (tempat, atau gunung) dan ?Hyang? (dewa).

Berada di Dieng tak cukup jika hanya berkeliling sehari. Minimal 3 hari 2 malam, menginap di rumah-rumah warga yang disediakan untuk home stay keluarga dengan tarif murah. Selama 3 hari 2 malam Anda bisa menikmati eksotisme berbagai keajaiban alam. Sunrise dan sunset di bukit Sikunir, semburan gas yang kadang disertai lava, merebus telur di kawah Sikidang, mengambil belerang langsung di antara bebatuan dan membalurkannya di tubuh, panen kentang beraneka jenis, naik turun lembah, melihat keajaiban Telaga Warna (beberapa warna) dan Telaga Pengilon (airnya seperti kaca) yang hanya dibatasi tanah lembut berilalang, Sumur Jalatunda, kawah Candradimuka, komplek candi, membuat carica dan makan carica bersama keluarga, belanja aneka hasil bumi di pasar Dieng, dan lainnya.

Bila direnungkan, dataran tinggi Dieng ibarat masakan di atas wajan di atas kompor yang menyala. Luasnya kaldera di bawah permukaan Dieng sangat aktif yang terkadang memuntahkan isinya di sisi-sisi dataran tinggi tersebut. Oleh karena itu, bisa dikatakan Dieng dulunya adalah gunung dengan kawah aktif terluas dan terbesar di Pulau Jawa. Seiring perjalanan waktu, kawah gunung purba itu menjadi sebuah dataran luas dengan beberapa kawah kecil di tepiannya. Itulah dataran tinggi Dieng dengan ratusan obyek wisata menarik.

Mumpung masih ada waktu, yuk, liburan ke sana!

Leave A Reply

Your email address will not be published.