Berita Nasional Terpercaya

Wow! Ternyata Pecel Punya Banyak Varian di Tiap Kota

0

Bernas.id – Pecel, merupakan makanan khas yang terdiri dari nasi, sayuran rebus (kulup), serta sambal kacang. Pecel banyak ditemui di berbagai penjuru negeri ini. Bahkan dipecel kerap diterjemahkan menjadi Javanese salad with peanut sauce di restoran Internasional. Namun, sebenarnya dari manakah asal makanan yang membumi di tanah air ini?

Pecel merupakan makanan yang familiar di Jawa. Banyak daerah yang mengklaim pecel sebagai makanan khasnya. Seperti Madiun, Ponorogo, dan Kediri. Sebenarnya tidak ada yang salah dari semua itu. Karena memang setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam penyajian pecel. Berikut selengkapnya.

Madiun

Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Brem ini memiliki pecel yang unik. Karena selain terdapat sayuran yang direbus, pecel Madiun ditandai dengan aneka ragam lauk seperti ayam goreng, telur, perkedel jagung, empal, dan lain sebagainya. Sehingga saat membeli pecel Madiun, pembeli bisa memilih lauk yang diinginkan.

Ponorogo

Pecel asal Kota Reog ini sedikit unik. Karena sambal kacangnya tidak dihaluskan, melainkan ditumbuk sehingga teksturnya kasar. Selain itu kerupuk pecel bukan rempeyek kacang seperti biasanya. Melainkan terbuat dari tempe yang diiris tipis yang lebar.

Kediri

Pecel dari Kota Tahu ini unik karena pilihan lauknya tidak sebanyak pecel Madiun. Pecel Kediri pada umumnya tidak menggunakan lauk yang beraneka ragam. Hanya tempe goreng yang menemani pecel. Namun, Pecel Kediri terdapat sambal tumpang. Sambal tumpang terbuat dari tempe yang sedikit busuk dan dihancurkan. Sambal tumpang akan meleleh di mulut saat dipadukan dengan sambal kacang.

Blitar

Pecel dari tempat lahir Bung Karno ini unik. Karena nasi pecel disajikan dengan serundeng atau rawon. Jadi bisa dibayangkan bagaimana rasanya makan pecel dengan kuah rawon.

Nah, jadi mau mencoba pecel dari kota mana?

Leave A Reply

Your email address will not be published.