Berita Nasional Terpercaya

Wah, Ternyata Ini Bisnis yang Berpotensi Tinggi Mendatangkan Keuntungan Besar di Tahun 2018

0

Bernas.id – Memasuki tahun 2018, prediksi dunia bisnis mengindikasikan turunnya daya beli dan berubahnya perilaku konsumsi masyarakat sepanjang tahun 2017 lalu. Namun, prediksi yang tidak terlalu menggembirakan ini bukan berarti suramnya dunia bisnis. Menurut data dari Kantor Staf Presiden (lihat ilustrasi), pemerintahan Presiden Jokowi selama tiga tahun terakhir telah memfokuskan pembangunan ekonomi dan peningkatan produktivitas dengan melakukan deregulasi dan meningkatkan kapabilitas vokasi tenaga kerja dengan peningkatan kualitas pendidikan tinggi. Sehingga, prospek bisnis Indonesia tetap memikat. Hanya perlu menggali bidang mana yang berpotensi tinggi meraup keuntungan besar di tahun 2018.

Peta pembangunan ekonomi Indonesia memberikan petunjuk yang mengarah kepada lima bidang utama yang akan fokus dikembangkan. Yaitu, pembangunan infrastruktur, energi, persiapan ASIAN Games 2018, ekonomi kreatif dan pariwisata, serta ekonomi maritim.

Dengan fokus pemerintah untuk membangun infrastruktur di berbagai daerah, maka bidang konstruksi, bahan material, dan tenaga kerja konstruksi menjadi salah satu bisnis potensial di tahun 2018. Belum lagi otonomi pemerintah daerah saat ini yang memungkinkan setiap daerah memiliki anggaran sendiri untuk pembangunan infrastruktur.

Bila memiliki ide mengembangkan energi alternatif, jangan ragu untuk diseriuskan karena pemerintah mencanangkan pertumbuhan ekonomi berbasis energi. Dengan berkurangnya pasokan minyak bumi, bahkan dengan mulainya pemerintah melakukan konversi ke gas, pasokan bahan bakar menjadi terancam. Sehingga, perlu inovasi-inovasi baru energi alternatif yang bisa mengatasi krisis energi.

Ada dua agenda besar di tahun 2018 yang bisa dilirik para pebisnis. Yaitu, ASIAN Games dan Pilkada Serentak di berbagai daerah di Indonesia. Para pelaku bisnis jasa yang mendukung event, seperti bisnis outsourcing, produsen garmes dan gimmick event, perusahaan iklan dan marketing, katering, dan sebagainya bisa berpotensi untuk meraup untung besar. Sehingga, secara tidak langsung pebisnis yang menguasai ekonomi kreatif akan merasakan imbas yang besar juga.

Di samping itu, bidang pariwisata dalam hal ini hotel penyedia akomodasi dan pelaku bisnis transportasi akan merasakan manisnya keuntungan. Perkembangan bidang pariwisata semakin mendapat perhatian yang serius dari pemerintah dengan ditetapkannya 10 destinasi prioritas. Yaitu: Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai.

Bidang terakhir yang cukup berpotensi mendatangkan keuntungan adalah budidaya perikanan yang mendukung ekonomi maritim. Indonesia kaya dengan sumber daya lautnya. Potensi bisnis akan lebih besar bila yang bisa mengekspor tidak saja produk mentah, tetapi juga produk olahannya yang bisa dijual dengan harga lebih tinggi.

Yang pasti, dari kelima bidang tadi, hampir kesemuanya didominasi oleh ekonomi kreatif dan energi alternatif yang membutuhkan pemikiran dan inovasi baru. Pelaku bisnis tidak bisa lagi sekedar meniru, karena cepatnya perkembangan teknologi saat peniru membuat teknologi yang sama, bakal ada terobosan-terobosan baru yang lebih unggul. Sehingga, pelaku bisnis harus memiliki jiwa rekayasa dan berinovasi dalam menjalankan bisnisnya untuk bisa bertahan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.