Berita Nasional Terpercaya

Ternyata, 5 Wajah Ini Menghiasi Indonesia Sepanjang 2017

0

Bernas.id – Tahun 2017 berlalu dengan menyisakan ceritanya. Dari ragam cerita itu pula, ada beberapa nama yang ?menghiasi? wajah Indonesia 2017. Berikut 5 wajah yang menjadi buah bibir masyarakat di tahun 2017.

Setya Novanto

Siapa yang tak kenal dengan sang ketua DPR RI plus Ketum Golkar ini? Setnov terkenal berkat skandal mega proyek E-KTP senilai Rp 2,3 triliun. Apalagi kemangkirannya dari panggilan penyidik. Setnov yang mengajukan praperadilan saat terbaring di RS Premier Jatinegara lalu mendadak sehat, ketiadaannya saat dijemput ?istimewa? KPK, sampai KPK yang membuat sayembara bagi siapa yang menemukan Setnov. Pencarian Setnov tersebut diramaikan dengan hastag #Indonesiamencaripapah. Indonesia diramaikan dengan meme ?The Power of Setnov?. Tak berselang lama, Setnov hadir di muka publik dengan kecelakaan tunggal. Mobilnya menabrak tiang listrik di bahu jalan. Kejadian Setnov melahirkan hastag #savetianglistrik dan #akuharussekuattianglistrik. Tiang listrik pun menjadi viral, hingga adanya karangan bunga untuknya.

Joko Widodo

Orang nomor 1 di Indonesia ini menjadi daya tarik tersendiri pada masyarakat. Jokowi dikenal sebagai presiden yang ?doyan? blusukan. Mulai pembangunan LRT sampai dengan Trans Papua. Ia juga ramai diperbincangkan saat menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu. Pada 8 November 2017 di Graha Saba Buana Solo, Kahiyang Ayu resmi menjadi istri Bobby Nasution. Sebelumnya, serangkaian adat pernikahan Jawa sudah dijalani Kahiyang-Bobby, seperti siraman, pemasangan bleketepe dan midodareni. Tak hanya itu, Jokowi memilih UKM dan tukang becak di Solo untuk pernikahan putrinya. Tanggal 20-26 November, resepsi Kahiyang-Bobby digelar menggunakan adat Mandailing. Prosesi Haroan Boro dan manortor dilakukan. Meriahnya pernikahan Bhinneka yang melibatkan dua suku tersebut, ramai dengan berbagai cuitan dan hastag masyarakat di sosmed.

Basuki Tjahja Purnama

Ahok mulai populer sejak menjabat menjadi gubernur pengganti Jokowi yang maju ke arena Pilpres. Ahok dikenal sebagai pemimpin ibukota yang tegas, jujur, bersih dan sederhana. Apalagi dengan keberhasilannya ?menyingkirkan? Kalijodo dan mengubahnya menjadi taman terbuka bagi masyarakat. Nama Ahok kembali melambung saat terlibat kasus penistaan agama, dalam pidatonya di depan para nelayan Pulau Pramuka, 27 September 2016 lalu. Ahok pun berusaha meminta maaf atas pidato yang membawa Surat Al Maidah ayat 51 sebagai kasusnya, walau tak digubris dan justru mendatangkan aksi 212. Pada 29 April 2017, Ahok dan pasangannya, Djarot, mengalami kekalahan, dengan 42,04% suara pada hasil rekapitulasi KPU Pilkada DKI. Ia dijatuhi hukuman 2 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 9 Mei 2017. Aksi simpatik lilin digelar simpatisan Ahok, baik di dalam maupun luar negeri oleh WNI di sana. Termasuk ratusan karangan bunga dari masyarakat sebagai ucapan terima kasih untuk Ahok.

Anies Baswedan?Sandiaga Uno

Anies-Sandi menyingkirkan Ahok-Djarot dalam pemilihan 2 putaran. Gerindra dan PKS menjadi parpol utama pengusungnya. Pasangan yang dilantik 15 Oktober 2017 lalu, terus menuai aksi. Mulai pidato pertama Anies yang menyelipkan kata ?pribumi?, penutupan Alexis, sampai anggaran hibah Rp 1,75 triliun pada RAPBD 2018. Di penghujung 2017, Anies mengizinkan PKL Tanah Abang berlapak di jalanan.

Gatot Nurmantyo

Sang Jenderal mantan pimpinan TNI ini, ramai dibicarakan karena kedekatannya dengan berbagai kelompok muslim. Jenderal Gatot juga menginstruksikan pemutaran film G30/S/PKI, yang membuat masyarakat berbondong-bondong menyaksikannya. Ia juga ramai diperbincangkan karena pidato dan pernyataannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.