Berita Nasional Terpercaya

Jadilah Perusahaan Anda Nomor 1! Langkah Praktis Memenangkan Pertarungan Samudra Biru

0

Bernas.id – Tahun 2005 merupakan tahun yang menggemparkan dunia. Pada tahun ini buku Blue Ocean Strategy dirisil dan dengan cepat menjadi buku Best Seller di New York Times Best Seller. Buku ini ditulis oleh W. Chan Kim dan Renée Mauborgne, profesor ahli strategi di INSEAD sekolah bisnis terkemuka di New York. Blue Ocean Strategy memperlihatkan studi kasus perusahaan dan organisasi dalam berbagi bidang yang mampu sukses di pasaran tanpa mengikuti arus ?Samudra Merah?, samudra pertumpahan darah. Pasar yang sudah terlalu kompetitif dan jenuh. Blue Ocean Strategy memaparkan langkah-langkah yang dilakukan perusahaan dengan mengubah paradigma mereka dan beralih ke strategi yang tidak pernah dilirik orang lain.

Dua belas tahun kemudian buku Blue Ocean Shift dikeluarkan dan kembali menuai sukses. Buku ini dilengkapi dengan langkah-langkah untuk menciptakan strategi samudra biru. Ada tiga komponen utama pergeseran samudra biru yang berhasil. Tiga komponen ini disimpulkan berdasarkan penelitian W. Chan Kim dan Renée Mauborgne.

Sudut Pandang Samudra Biru

Kita harus memperluas pandangan terhadap unit bisnis kita. Tidak hanya berfokus pada apa yang menjadi keunggulan pasar dan berupaya meraihnya, namun memperluas pandangan ke aspek lainnya. Zuhal Sutan, seorang pemain piano di Irak mempunyai pandangan luas. Ia ingin negaranya dan pemuda-pemuda di Irak mempunyai sebuah orkestra besar yang mampu membawanya keliling dunia. Zuhal kemudian menghubungi Paul MacAlindin, dirigen asal Scotlandia yang setuju memimpin National Youth of Orchestra Iraq (NYOI). Paul tahu dirinya tidak akan berhasil menandingi kemampuan teknis para musisi Eropa. Dirinya kemudian berfokus untuk membuat musik sebagai sarana penyembuhan. Dihimpunnya pemuda-peumda yang memainkan musik asli Kurdi dan membangkitkan musik khas Iraq. Dalam waktu singkat NYOI merebut perhatian dunia.

Alat Penciptaan Pasar dan Pedoman Penggunaan

Setelah kita memahami paradigma baru, kita harus membekali diri kita dengan alat untuk menciptakan pasar. Pedoman ini harus dipahami dan dijalankan dengan baik oleh seluruh komponen di bawah kita sehingga perusahaan dapat melakukan percepatan untuk mencapai tujuan. Penciptaan pasar mempunyai dua model. Penciptaan pasar disruptif, yaitu penciptaan pasar dengan menghancurkan pasar yang ada dan penciptaan pasar non disruptif. Penciptaan pasar disruptif sudah kita lihat contohnya di berbagai bidang. Di bidang teknologi penciptaan pasar secara disruptif terlihat dari bergantinya teknologi yang lama karena adanya teknologi yang baru. Dengan menggunakan strategi samudra biru, kita dapat menciptakan pasar baru tanpa mengganggu persaingan pasar yang sudah ada. 

Kemanusiaan dalam Proses 

Kesalahan terbesar dalam sebuah perusahaan adalah ketika penciptaan dan pelaksanaan strategi dianggap sebagai sesuatu yang terpisah. Sekelompok orang dalam manajemen membuat strategi kemudian menyerahkannya kepada orang-orang yang harus melaksanakannya. Orang-orang yang melaksanakannya dianggap sebagai tuas mekanik yang harus bekerja sesuai instruksi. Sebuah perusahaan yang baik akan memfokuskan diri pada emosi dan psikologi orang-orang yang berada di dalamnya. Pendekatan humanis kepada karyawan merupakan kunci sukses perusahaan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.