Berita Nasional Terpercaya

Ide Menulis Bisa Datang Dari Mana Saja, Bahkan dari Sekitarmu Seperti Hal-hal Ini

0

Bernas.id –  Apakah kamu tahu? Kehabisan ide saat menulis, adalah suatu anggapan yang tidak benar. Bagi penulis pemula, mungkin akan bingung untuk mencari ide saat ingin menulis. Sebenarnya, kita bisa mendapatkan ide dari mana saja untuk dituangkan dalam sebuah tulisan.

Baca juga: Cara Menulis Kutipan Langsung dan Kutipan Tidak Langsung Lengkap

Bagi kamu yang mungkin sering bingung tentang, 'Ide apa lagi yang harus kutulis?', maka jawabannya adalah banyak ide yang bisa kamu jadikan sebuah tulisan. Lalu, ide itu bisa datang dari mana saja? Kamu bisa mendapatkan inspirasi hanya dengan peka terhadap beberapa hal ini:

1. Alam

Saat bingung ingin menuliskan apalagi untuk dijadikan sebuah tulisan, maka perhatikanlah alam ini yang begitu indah dan penuh misteri yang telah diciptakan Tuhan dengan sebaik mungkin. Kamu bisa mendapatkan inspirasi menulis dari alam. Coba tentukan tema seperti laut, pantai, gunung, dan lain sebagainya. Lalu, kembangkan tema dari alam tersebut menjadi sebuah kalimat. Dari kalimat, kembangkan lagi menjadi sebuah paragraf. Dan pada akhirnya kamu sudah menyelesaikan satu tulisan. 

Baca juga: Interpretasi : Pengertian, Tujuan, dan Macam-macamnya

2. Orang-Orang yang Kamu Temui

Tidak disangka, ide untuk menulis bisa kita dapatkan dari orang-orang yang kita temui sehari-hari. Kamu bisa mengamati kebiasaan mereka, apa yang dilakukan setiap hari, bagaimana mereka menanggapi sesuatu, karakternya, permasalahan yang mereka hadapi, masa lalunya, dan lain sebagainya. Kamu bisa menjadikan itu semua sebagai inspirasi dalam menulis.

Baca juga: Mengenal Teks Berita, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Penulisannya

3. Hewan

Hewan juga bisa dijadikan ide untuk menulis. Berbagai keunikan yang dimiliki, membuatnya pantas untuk dijadikan sebuah ide dalam menulis. Contohnya seperti semut, bebek, dan siput, bisa kamu jadikan sebuah tulisan. Kamu bisa menulis mengenai kebiasaan hewan-hewan tersebut yang bisa dijadikan inspirasi bagi manusia dalam menjalani kehidupan, bermasyarakat, dan lain-lain.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

4. Benda Mati 

Semua benda-benda mati yang kamu lihat di sekitarmu, bisa kamu jadikan ide untuk menulis. Contohnya, sepatu. Kamu bisa mengangkat sebuah tulisan dari sepatu yang kamu lihat. Bayangkan jika sepatu itu adalah sepatu ajaib yang bisa membuat orang yang memakainya bisa menghilang. 

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

5.Berita Ter-update

Dari berita ter-update yang kamu dengar dan baca, bisa kamu jadikan inspirasi dalam menulis. Kaitkan berita tersebut dengan hal-hal yang menarik dan unik. Misalnya, berita ter-update saat ini adalah mengenai kasus penangkapan Jenifer Dunn. Kamu bisa mengangkat berita tersebut dari perspektif yang berbeda. Misal, dari pengguna narkobanya, dari masyarakat, dari kepolisian, dan lain-lain. 

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Ciri-ciri Komik sebagai Karya Sastra

6. Dari Hal-Hal Baru yang Kamu Lihat

Hal-hal baru yang kamu lihat secara sengaja atau tidak sengaja, bisa kamu jadikan inspirasi dalam menulis. Misalnya, telah terjadi kecelakan akibat mengebut di jalan raya. Maka, kamu bisa membuatnya menjadi sebuah tulisan yang berisi tips-tips agar meminimalisir kecelakan yang terjadi di jalan raya. Atau misalnya kamu baru saja melihat hal unik saat berkendara di jalan raya, terdapat truk yang lewat dan di belakang truk tertulis tulisan yang lucu, seperti 'Putus Cinta Soal Biasa, Putus Rem Mati Kita'. Hal tersebut bisa kamu jadikan sebuah tulisan yang unik dan kreatif.

Baca juga: Penggunaan Kata Sambung Di dan Kata Depan Di yang Benar

7. Dirimu Sendiri

Jika semua yang ada di sekitarmu bisa kamu jadikan ide untuk menulis, maka lihat dan perhatikan dirimu sendiri. Apa yang kamu rasakan, karaktermu, kesulitan yang kamu hadapi, dan lain sebagainya, bisa kamu jadikan ide dalam menulis.

Nah, sudah tahu kan cari inspirasi di mana? Menulis itu sebenarnya mudah dan ide tidak akan pernah habis jika kamu mau peka terhadap lingkungan sekitarmu. Jangan biarkan ide menguap begitu saja, guys. Yuk, eksekusi idemu sekarang! 

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku 2021

Leave A Reply

Your email address will not be published.