Berita Nasional Terpercaya

Wow, Ini Dia Cara Menyambut Sang Ide. Yuk, Simak!

0

Bernas.id – Jika tamu harus disambut manis agar berkesan, begitu pun ide yang bertandang di kepala. Berbicara ide-ide yang ada di setiap kepala itu sangat menarik. Apalagi jika digabungkan berbagai ide dari beberapa orang, maka akan menjadi suatu konsep yang luar biasa. Namun, sering sekali kita mendengar keluhan tentang ide, seakan ide selalu dikambinghitamkan ketika proses memulai menulis.

Baca juga: Cara Menulis Kutipan Langsung dan Kutipan Tidak Langsung Lengkap

Ada banyak keluhan dari para penulis muda seperti bagaimana menangkap ide, bagaimana menuangkan ide, bagaimana memilih ide yang menarik, sudut pandang seperti apa yang menarik, waktu yang tepat untuk menulis, bagaimana riset yang tepat untuk menulis, dan ternyata keluhan yang banyak adalah tentang ide. Padahal, keluhan-keluhan itu bisa kita taklukkan dengan memulai mengeksekusi ide-ide tersebut dan menuliskannya.

Agar ide tidak hanya memenuhi isi kepala, sambut ide-ide tersebut dengan cara:

  1. Segera cari referensi atau bacaan pendukung yang sesuai dengan ide kita. Manfaatnya adalah selain wawasan bertambah, kita juga sedang melakukan riset sederhana dari bacaan terkait untuk memperkuat isi tulisan kita. Kemudian tentukan sudut pandang, peran sudut pandang ini sangat penting agar tulisan kita tidak sama dengan tulisan-tulisan lainnya.
  2. Segera mengembangkan ide-ide tersebut. Bisa dimulai dengan menentukan judul yang akan kita tulis. Caranya adalah dengan bertanya pada diri sendiri tentang mengapa kita menulis ini, apa tujuan dari tulisan yang kita tulis, kemudian manfaat dari tulisan yang kita tulis apa saja. Dengan mengikuti langkah ini, ide pun akan bisa dikembangkan menjadi sebuah tulisan. 
  3. Segera mengeksekusi ide-ide tersebut. Fokuskan dengan ide yang lagi kekinian biar banyak peminatnya. Sebelum menulis, buatlah kerangka tulisannya terlebih dahulu. Kemudian tentukan titik fokus pembahasannya agar terarah. Terkait waktu yang tepat untuk menuangkan ide adalah ketika kita sudah tidak sibuk dengan aktivitas yang lainnya.

Wow, ide-ide yang bertandang di kepala harus disambut dengan antusias dan sesegera mungkin dieksekusi.

Selamat mengeksekusi ide-ide yang sudah ditangkap. Ide yang menarik tidak akan menjadi menarik jika hanya ada di kepala. Namun akan menjadi lebih menarik jika berhasil dituangkan lewat tulisan.

Baca juga:

Leave A Reply

Your email address will not be published.