Berita Nasional Terpercaya

Ternyata, Bakso Pun Punya Sejarah Uniknya Loh, Simak Yuk!

0

Bernas.id – Hayo, siapa yang hobi makan bakso? Umumnya semua orang menyukai makanan yang satu ini, ya. Mau di musim apapun, bakso selalu ada di mana-mana. Apalagi musim hujan seperti sekarang, makan bakso hangat-hangat, beuh rasanya mantap pastinya. Karena rasanya yang cocok di lidah, apalagi saat benar-benar lapar, jadi semakin lapar. Tapi sudah pada tahu belum, sebenarnya bagaimana sih sejarah penemuan bakso? Penasaran kan? Yuk simak penjelasannya.

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari kata Bak-So, dalam bahasa Hokkien secara harfiah berarti daging giling. Sedangkan tempat yang terkenal di Indonesia sebagai pusat bakso adalah Malang dan Solo. Sehingga sering kita jumpai pedagang bakso yang menamai kedai mereka bakso Malang ataupun bakso Solo.

Pada awal abad ke-17 saat akhir Dinasti Ming, di sebuah desa kecil bernama Fuzhou hiduplah seorang pria bernama Meng Bo. Dia adalah anak yang berbakti kepada orang tuanya. Meng Bo hanya tinggal berdua dengan ibunya, kondisi ibunya mulai tua dan tidak bisa makan makanan yang keras. Meng Bo yang tahu merasa sedih, karena ibunya sangat gemar makan daging, dia pun mendapatkan ide dengan menggiling daging agar bisa dimakan ibunya.

Setelah daging empuk, dia membulatkan gilingan daging menjadi bulatan kecil-kecil. Lalu ia merebusnya hingga tercium aroma daging yang lezat. Kisah Meng Bo yang berbakti kepada ibunya segera menyebar luas ke seluruh kota Fuzhou, konon dari sinilah penduduk berdatangan untuk belajar membuat bakso kepada Meng Bo.

Sejak itu bakso mulai terkenal ke seluruh penjuru Asia. Seiring perkembangan zaman bakso diolah menurut selera masing-masing negara termasuk di Indonesia.

Sekarang jadi tahu kan sejarah penemuan bakso? Yuk, ucapkan terima kasih kepada Meng Bo.

Leave A Reply

Your email address will not be published.