Berita Nasional Terpercaya

Selain Asyik, Lintas Alam Ternyata Banyak Manfaatnya Untuk Anak. Nomor 2 dan 3 yang Tidak Pernah Terpikirkan

0

Bernas.idTrekking dan hiking merupakan dua kegiatan lintas alam yang dilakukan dengan berjalan kaki, melintasi area hutan atau pegunungan. Biasanya, area yang dilintasi belum terbentuk jalurnya, atau kalaupun sudah ada jalur, hanya jalur tanah bukan dengan perkerasan jalan. Kegiatan trekking dan hiking ini mulai banyak difasilitasi oleh pemilik area resort di pegunungan, dengan rute pendek yang bisa ditempuh beberapa jam saja. Tentu saja, trekking ini menjadi banyak dinikmati pelancong yang membawa keluarga.

Selain membuat badan sehat dan refreshing, kegiatan trekking memberikan banyak manfaat untuk anak-anak. Yuk simak apa saja manfaat trekking untuk anak.

1. Potensi foto selfie

Satu hal yang pasti akan memikat Kids Zaman Now untuk pergi ke suatu tempat adalah lokasi yang asyik untuk diambil foto. Kegiatan lintas alam biasanya mengeksplorasi daerah yang belum terekspos sebelumnya. Sehingga anak bisa mengambil foto atau video di area tersebut dan membuat Vlog atau cerita perjalanan untuk diunggah ke internet.

2. Belajar sains

Tanpa disadari, mengajak anak trekking melintasi alam akan membuka wawasan mereka tentang ekosistem dan lingkungan biotik. Mereka bisa melihat wujud nyata pohon, tanaman, dan hewan yang biasanya cuma bisa dilihat di buku paket sains. Mereka bisa mengamati perbedaan udara dari sisi suhu dan kelembaban saat di dalam dan luar area hutan. Tak jarang mereka akan menemui berbagai hewan dan tumbuhan yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Hingga mereka bisa mengambil gambarnya dan mencari referensi lebih lanjut di internet.

3. Belajar matematika

Wah, bagaimana bisa belajar matematika saat sedang trekking? Tentu saja bisa. Ajak anak untuk menghitung waktu yang mereka tempuh dari awal hingga akhir jalur. Lalu, bila memiliki aplikasi pengukur langkah, bisa menghitung berapa total langkah yang mereka sudah lakukan, sekaligus jarak jalur yang ditempuh. Sehingga, bisa dihitung kecepatan berjalan mereka dengan membagi jarak dengan waktu.

4. Menanamkan kesabaran dan kegigihan

Kegiatan lintas alam akan membuat anak harus sabar, memakai intuisinya, dan tetap berusaha untuk menyelesaikan perjalanannya hingga akhir. Sering anak mengeluh di awal-awal perjalanan dan selalu bertanya apa masih jauh. Kalau anak capek, boleh istirahat sebentar, minum perbekalan dan ambil foto-foto dulu. Setelah itu, lanjut jalan lagi. Dengan begitu, anak akan terlatih untuk selalu menyelesaikan segala hal yang menjadi tanggung jawabnya. Saat dihadang masalah, anak bisa sabar dan gigih menyelesaikannya.

5. Menanamkan syukur dan takwa kepada Tuhan

Melintasi alam yang penuh dengan pemandangan indah akan menanamkan rasa syukur dan taqwa kepada anak. Anak bisa bersyukur masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa menikmati perjalanan. Bersyukur negerinya diberi kekayaan berupa tanah yang subur. Anak pun akan melihat kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa, bagaimana manusia sejatinya hanya titik kecil di tengah hutan belantara yang penuh pohon tinggi besar.

Kegiatan lintas alam ini tidak saja mengenalkan anak atas keindahan alam, namun juga memberikan pengalaman batin yang luar biasa. Untuk yang tinggal di pinggiran kota dengan masih banyak lahan ladang kosong juga bisa melakukan kegiatan lintas alam ini. Berpetualang menemukan jalur baru akan memberi sensasi lain bagi Kids Jaman Now. Yang pasti, kegiatan lintas alam ini merupakan alternatif kegiatan dengan budget murah meriah karena dilakukan dengan berjalan kaki dan tanpa peralatan yang mahal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.