Berita Nasional Terpercaya

Mi Instan Mengandung Lilin, Benar Enggak, Sih?

0

Bernas.id ? Mi instan adalah makanan favorit yang menjadi alternatif banyak orang karena harganya murah dan cara memasaknya cepat. Namun, banyak kabar yang memberitakan bahwa mi instan mengandung lapisan lilin untuk membuat mi lebih tahan lama. Wah! Para penggemar mi instan pasti merasa cemas dengan kabar ini. Eits, tapi ternyata kabar tersebut tidak membuat mereka berhenti mengkonsumsi mi instan. Mereka bisa mengatasi dengan solusi membuang air rebusan pertama, dan merebus air lagi sebagai kuah mi yang lebih bersih dan aman.

Tapi, benar enggak sih, mi instan mengandung lilin yang berbahaya? Ternyata menurut sebuah penelitian, tidak ditemukan penggunaan lilin di dalam langkah pembuatan mi instan. Mi tersebut hanya melalui proses penggorengan hingga kering (deep frying). Proses deep frying tersebut menggunakan minyak goreng yang dibuat dengan cara digoreng sampai kering sampai kadar airnya tidak ada lagi. Dengan demikian mi instan menjadi lebih tahan lama tanpa menggunakan lilin.

Dari proses tersebut, tidak heran ketika memasak mie instan, air rebusannya terlihat berminyak dan berwarna keruh. Orang bilang itu karena lilin, padahal itu karena minyak dan kandungan tepung di dalam mi yang keluar.

Malahan, beberapa pakar menyebutkan bila kita membuang air rebusan pertama dari mi instan, berarti kita telah membuang kandungan gizi yang dimiliki oleh mi tersebut, seperti protein, lemak, vitamin, mineral dan sebagainya.

Nah, sekarang sudah tahu faktanya kan? Pilihan tetap kembali pada Anda, apakah tetap membuang air rebusan pertama atau tidak. Yang penting, jangan terlalu sering mengkonsumsi mi instan ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.