Berita Nasional Terpercaya

Main Rubik Mengajarkan Sikap Sosial Pada Anak, Nomor Dua Anda Tidak Menyadarinya

0

Bernas.id – Beragam cara dilakukan orang tua, agar daya pikir anak berkembang dengan baik. Membeli rubik salah satunya. Mainan yang tersusun dari beragam warna ini sering dimainkan dengan cara menggeser warna tertentu sehingga tersusun satu warna yang sama pada sisinya. Tahukah Anda, jika rubik mampu mengajarkan sikap sosial pada anak? Simak penjelasannya.

1.    Kebersamaan
Menyatukan warna tertentu pada rubik mengajarkan anak untuk tolong-menolong. Untuk menggerakan rubik diperlukan gerak antar baris dan kolom. Pergerakan rubik mengingatkan kita jika bergerak bersama, maka akan memiliki kekuatan. 

2.    Panutan
Bagaimana bisa sebuah rubik dijadikan sebagai panutan? Bukan itu maksudnya. Untuk menyelesaikan permainan ini diperlukan rumus dan konsep yang diajarkan oleh seorang ahli rubik. Dengan memahamkan hal ini, maka anak bisa diarahkan jika ingin belajar dibutuhkan seorang guru sebagai panutan

3.    Menghargai Perbedaan
Satu sisi rubik memiliki enam warna yang berbeda. Dibutuhkan strategi khusus agar warna-warna tersebut berada pada sisi masing-masing. Perbedaan warna pada sisi rubik mengajarkan kita bahwa setiap orang dapat bermanfaat bagi orang lain sesuai kemampuannya.

Interaksi orang tua dan anak dapat terjalin saat bermain rubik. Di antara Ayah,Bunda dan Adik siapa yang jago main rubiknya? Bukan menang atau kalah yang utama, asalkan anak mampu mengambil hikmah saat bermain rubik

Leave A Reply

Your email address will not be published.