Berita Nasional Terpercaya

Berpotensi Obati dan Diagnosis Kanker, Dosen Ini Kembangkan Jarum Fleksibel

0

HarianBernas.com – Apa ide kreatif anda saat ini?

Adalah Vani Virdyawan, mahasiswa doktoral Indonesia ini mengembangkan jarum fleksibel yang akan digunakan untuk pengobatan dan diagnosis kanker. Semua itu berawal dari ide kreatif dan semangat buat menciptakan suatu inovasi. Kini Vani Virdyawan yang tengah mengambil program doktoral di Imperial College London (ICL), bergabung dalam program robotic surgery di labolatorium mekatronik medis ICL.

Dalam segmen #KabarDariInggris dikutip dari  Facebook BBC Indonesia,  Vani, menjelaskan bahwa penggunaan jarum kaku selama ini menjadi kendala karena tingkat akurasi yang rendah untuk mencapai lokasi kanker.

Jarum fleksibel, menurut Vani, bisa menjadi solusi permasalahan tersebut.

“Jarum bisa disetir untuk menghindari organ yang rentan,” tambahnya.

Vani (27), menjelaskan bahwa penggunaan jarum kaku selama ini menjadi kendala karena tingkat akurasi yang rendah terkait lokasi kanker.

Penelitian ini juga memungkinkan dunia medis untuk mengkoreksi titik tujuan yang akan dibedah, tambahnya.

“Tantangan terbesar sekarang adalah bagaimana mendesain jarum fleksibel, sehingga jarum ini nantinya bisa dipakai untuk terapi kanker dan untuk mengambil sampel dari jaringan yang terkena kanker,” kata Vani.

“Desain untuk dua fungsi ini belum ada sejauh ini,” kata dosen teknik mesin Institut Teknik Bandung (ITB) ini.

“Saya berharap dalam kurun sekitar 10 tahun ke depan, jika nantinya disetujui oleh badan-badan medis terkait, jarum bisa diterapkan untuk terapi kanker,” tambahnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.