Berita Nasional Terpercaya

Masih Juga Ragu untuk Menulis? Coba Cara-cara Ini agar Kamu Mantap Menulis

0

Bernas.id – Banyak orang yang bercita-cita ingin menjadi seorang penulis, tapi untuk memulainya saja banyak sekali keraguan. Masih banyak dihinggapi perasaan ragu-ragu untuk menulis ketika ingin membuat suatu karya tulis, muncul begitu banyak kekhawatiran. Khawatir tulisannya jelek, penggunaan kata yang tidak tepat, pembahasan yang terlalu mainstream, dan begitu macam kekhawatiran lainnya.

Jika kita masih mempunyai beribu alasan keraguan untuk menulis maka cita-cita itu pun akan tetap menjadi wacana. Saat mulai menulis jangan pikirkan dulu kualitas tulisan kita, tapi kuantitas tulisan kita. Jadi mana bisa tulisan kita bisa langsung bagus dan rapi jika untuk memulainya saja kita ragu. Karena menulis itu adalah suatu keterampilan, dan keterampilan itu butuh dilatih.

Baca juga: Contoh Paragraf Induktif, Deduktif, Campuran, dan Ineratif

Nah, kalau kita sudah semakin sering berlatih menulis, menulis apa pun, apa yang kita rasa, kita pikirkan, lama-lama kita pun akan terbiasa dan kualitas tulisan kita pun pasti akan semakin bagus juga, betul tidak?

Memang, menulis itu tidak semudah yang dibayangkan. Itu untuk yang tidak mau berlatih ya. Untuk yang sudah biasa berlatih menulis, menulis dan menulis, pekerjaan ini akan menjadi biasa, bahkan terasa aneh kalau sejenak saja tidak menulis.

Lalu bagaimana mengurasi rasa keraguan untuk memulai menulis?

Niat Menulis

Jika sudah mulai ragu untuk menulis, coba ingat-ingat kembali untuk apa tujuan kita menulis sebenarnya. Jika menulis karena untuk berbagi kebermanfaat kepada banyak orang maka niatkan sepenuh hati, hilangkan semua keraguan dan mulailah menulis, sudah mulai saja.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Teks Persuasif Sesuai Jenis dan Strukturnya?

Perbanyak membaca

Dengan kita semakin banyak membaca, semakin banyak ilmu yang kita pahami, semakin banya koleksi diksi yang kita punya, harusnya kita tak ada keraguan lagi untuk menulis. Karena sudah banyak kosa kata yang kita punya untuk bisa dirangkai dan diramu menjadi kalimat-kalimat yang bagus.

Baca juga: Interpretasi : Pengertian , Tujuan, dan Macam-macamnya

Bergabung dengan Komunitas Menulis

Dengan kita bergabung dan berkumpul dengan orang-orang semisi dalam hal menulis, maka itu juga akan menularkan semangatnya pada kita untuk terus menulis. Percayalah, cara ini sangatlah ampuh, cobalah!

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimatnya Terlengkap

MAJU ( Mulai AJa dUlu )

Tidak ada hal lagi yang perlu dilakukan untuk bisa menulis tanpa keraguan. Udah mulai aja dulu. Menulis, menulis dan menulislah selalu. Maka lama-lama rasa ragu itu akan hilang dengan sendirinya.

Baca juga: Mengenal Teks Berita, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Penulisannya

Mintalah feedback atas tulisan kita

Setelah menghasilkan karya tulis, pastikan kita tidak ragu untuk meminta feedback atas tulisan kita pada orang lain. Bisa dimulai dari orang-orang di sekeliling kita, keluarga, teman. Dengan mendapatkan feedbcak dari orang-orang terdekat maka lama-lama kita pun akan semakin mengerti seperti apa kekurangan dan kelebihan kita dalam tulisan.

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

Jangan ragu untuk mempublikasikan tulisan kita

Setelah mendapatkan feedback dari orang-orang terdekat kita, jangan ragu untuk menpublikasikan tulisan kita. Tidak usah ragu seperti apa tema tulisan kita, mau puisi, cerpen, artikel, quote. Yakinlah setiap tulisan apa pun itu akan menemukan pembacanya masing-masing.

Jadi bagaimana, masih adakah alasan kita harus ragu untuk menulis? Ayolah, hilangkan semua keraguan yang ada. Jangan takut tulisan kita tidak ada yang membaca. Percayalah setiap tulisan mempunyai pembacanya masing-masing. Jangan lagi terlalu berpikir apa yang akan terjadi nanti. Bagaimana kita tahu kualitas tulisan kita jika untuk memulainya saja kita sudah ragu.

Masih saja takut dan ragu untuk menulis? Ingatlah kembali niat untuk apa kita menulis. Untuk mengungkapkan apa kita yang tak mampu diungkap secara lisan? Atau untuk menebar manfaat bagi banyak orang? Percayalah di mana ada niat baik di dalamnya maka InsyaAllah akan dimudahkan.

Intinya “Coba aja dulu, kalau belum dicoba mana tahu rasanya.”

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku 2021

Leave A Reply

Your email address will not be published.