Berita Nasional Terpercaya

Untuk Pertama Kalinya, Wanita Arab Saudi Boleh Menonton di Dalam Stadion

0

Bernas.id ? Kabar gembira bagi kaum wanita Arab Saudi pecinta sepak bola. Sekarang wanita diperbolehkan menonton pertandingan langsung di dalam stadion. Kebijakan baru tersebut mulai berlaku sejak hari Jumat (12/1/2018).

Serombongan wanita yang umumnya mengenakan pakaian berwarna gelap terlihat berduyun-duyun memasuki stadion di kota Jeddah pada hari yang sama. Karena pemerintah Arab Saudi melarang wanita dan pria yang bukan mahramnya untuk membaur dalam keramaian, pengunjung wanita hanya diperbolehkan menempati tribun khusus keluarga.

?Peristiwa ini menunjukkan kalau kita sedang menuju masa depan yang sejahtera. Saya merasa sangat bangga bisa menjadi saksi mata dari perubahan besar ini,? kata salah seorang penonton wanita yang bernama Lamya Khaled Nasser saat diwawancarai oleh AFP.

?Saya merasa sangat bangga dan gembira terkait perkembangan ini, beserta tindakan pihak kerajaan untuk mengambil langkah-langkah beradab yang sudah lebih dulu diterapkan oleh negara lain,? kata penonton lain yang bernama Ruwayda Ali Qassem.

Kabar baik bagi kaum hawa di Arab Saudi masih belum berhenti sampai di sana. BBC memberitakan kalau di hari yang sama, untuk pertama kalinya ada toko yang menyediakan mobil khusus wanita. Kebetulan pada bulan Juni mendatang, pemerintah Arab Saudi bakal mencabut larangan bagi kaum wanita untuk mengemudikan mobil.

Peristiwa-peristiwa tadi hanyalah sebagian kecil dari reformasi yang dijalankan oleh pemerintah Arab Saudi selama lebih dari satu tahun terakhir. Bulan Desember silam, pemerintah Arab Saudi mengumumkan kalau jaringan bioskop umum bakal diperbolehkan untuk kembali beroperasi. Sebelumnya pemerintah Arab Saudi juga mengumumkan niatnya untuk mendirikan kawasan penginapan mewah di sepanjang pesisir Laut Merah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.