Berita Nasional Terpercaya

Inilah Alasan Kenapa Kamu Jangan Takut untuk Ikut Kelas Menulis

0

Bernas.id  – Hampir kebanyakan dari para penulis pemula, yang baru saja mulai berminat dengan dunia kepenulisan, biasanya takut untuk mencoba mengenal dunia kepenulisan lebih dalam. Bahkan ada yang takut untuk ikut kelas online tentang kepenulisan.

Dengan alasan yang beragam, seperti takut tidak bisa atau aku tidak punya waktu dan lain-lain. Namun, perlu diingat bahwa takut itu jangan disimpan terlalu lama. Inilah alasan kenapa kamu harus menulis dan belajar memperdalam dunia kepenulisan.

Baca juga: Contoh Paragraf Induktif, Deduktif, Campuran, dan Ineratif

Kalau tidak sekarang kapan lagi? 

Yup, inilah alasan pertama kenapa kamu harus membuang rasa takut itu. Mulailah dengan mencari informasi berbagai kelas menulis. Jika belum berani untuk mengikuti kelas menulis berbayar, carilah kelas menulis online yang gratis. Sekarang sudah banyak kelas menulis online yang gratis, jika sudah mendapatkan kelas yang cocok sama kamu, maka segeralah daftar.

Kalau sudah merasa nyaman, maka cobalah ikut kelas online yang berbayar karena untuk jadi penulis itu perlu didampingi banyak mentor. Jangan takut untuk mengikuti kelas itu. Kalau diberi tugas oleh mentor maka segera lakukan, kalau tidak mengerti tanyakan pada mentor, dan sering-seringlah berbagi tentang ilmu kepenulisan dengan sesama teman yang juga penulis. Kalau kamu terus-terusan takut, kapan kamu akan jadi penulis? Kalau terus takut, maka impian itu tidak akan jadi kenyataan.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Teks Persuasif Sesuai Jenis dan Strukturnya?

Semakin banyak teman bukankah semakin baik? 
Kalau kamu ikut kelas menulis online, maka kamu akan bertemu banyak teman dari seluruh nusantara. Itu benar-benar sangat membantu untuk mengejar impianmu karena akan ada teman yang juga sama berjuang untuk belajar menulis, dan silaturanmi pun semakin terjalin. Kamu pun bisa berbagi hal-hal seputar dunia kepenulisan dengan mereka, mendiskusikan hal apa saja yang perlu dipahami dan dipelajari.

Mentor itu benar-benar sangat diperlukan
Coba tanyakan saja, atau cari tahu perjuangan para penulis ternama di Indonesia, pasti ada peran mentor di belakang semua kesuksesan itu. Mentor itu adalah seseorang yang akan membuatmu menjadi tahu, saat sebelumnya kamu tidak tahu, yang akan mendorongmu agar terus kreatif dan konsisten. Mentor sangatlah diperlukan untupenulis pk emula. Maka dari itu, jangan takut untuk ikut di kelas online maupun offline.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa kamu tidak boleh takut untuk ikut kelas menulis online karena sangat banyak manfaatnya. Buang jauh semua rasa takut itu agar kamu bisa segera mencapai impianmu.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku 2021

Leave A Reply

Your email address will not be published.