Berita Nasional Terpercaya

Memulai Bisnis Itu Susah, Kalau Kamu Masih Terpaku Pada 3 Hal Ini

0

Bernas.id – Saat ini siapa saja bisa memulai untuk berbisnis, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga. Bisnis di Indonesia sendiri berkembang pesat, kebanyakan pelaku utama bisnis tersebut berasal dari kalangan anak muda. Namun, tidak semua orang dapat memulai menjalankan bisnis dengan mudah. Kalau kamu salah satunya yang masih takut untuk menjalankan binismu, mungkin karena kamu masih terpaku pada hal-hal berikut ini:

1. Perasaan Takut

Perasaan takut dalam berbisnis bisa terjadi karena apa saja, seperti takut tidak laku. takut tidak bisa menjalankannya, dan lain sebagainya. Biasanya perasaan takut tersebut muncul karena didasari oleh tidak memiliki pengalaman. Kamu perlu tahu bahwa segala keputusanmu mengandung risiko, begitupun juga bisnis. Resiko-resiko yang kerap menghantuimu hingga membuatmu takut merupakan hal yang harus kamu lawan. Tanamkan pada diri sendiri bahwa semua keputusan pasti memiliki risiko. Kamu harus yakin bahwa bisnis kamu akan berkembang. Setelah itu, tentukan-tentukan strategi-strategi untuk menjalankannya. Jika kamu minim pengalaman, kamu dapat mempelajari ilmu bisnis dari orang-orang sekitarmu yang saat ini telah mempunyai bisnis sendiri.

2. Kelamaan Berpikir

Seringkali kamu memiliki konsep-konsep tertentu untuk bisnismu. Hal itu baik karena memulai bisnis membutuhkan persiapan dan kesiapan. Tapi, tanpa kamu sadari bahwa memiliki konsep-konsep apa saja yang akan jadi bagian dari bisnismu membuat kamu terlalu berlarut-larut memikirkanya. Daripada kamu hanya memikirkan bagaimana kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada bisnis kamu, lebih baik kamu langsung memulainya saja agar kamu bisa tahu sendiri pengalaman-pengalaman menarik yang tak pernah terpikirkan olehmu sebelumnya. Ingat, bisnis itu dijalani.

3. Tidak Ada Modal

Tidak memiliki modal untuk usaha merupakan masalah bagi sebagian besar orang yang akan memulai bisnis. Modal penting yang kamu butuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis tidak hanya terletak pada uang. Selain itu, kemampuan dan kreativitas merupakan modal yang penting untuk usaha kamu. Apabila kendala kamu terletak pada uang, kamu bisa mencoba memulai bisnismu dari modal kecil-kecil. Nantinya, seiring berjalanannya waktu kamu dapat menggandakan modalmu dari hasil usaha mu tersebut. Kemudian apabila kendala kamu terletak pada keterbatasan kreativitas, dapat kamu siasati dengan cara rajin bertukar pikiran dengan teman-teman sejawatmu, bahkan kamu pun bisa berkolaborasi loh untuk menciptakan bisnis baru tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.