Berita Nasional Terpercaya

Menjadi Beda untuk Mendapatkan Pekerjaan, Ini Dia Tips Lamaran Dilirik Perusahaan

0

Bernas.id – Di zaman sekarang, semakin meningkatnya jumlah pencari pekerjaan. Karena setiap tahunnya ada ribuan manusia yang mencari lapangan pekerjaan. Ada banyak pelamar yang mengirimkan CV terbaik mereka ke sebuah perusahaan, entah perusahaan swasta atau perusahaan BUMN. Mungkin kita salah di antara ribuan pelamar tersebut. Karena banyaknya orang yang melamar sering kali kita terlewatkan bahkan surat lamaran kita tidak dilirik oleh HRD (Human Research and Development). Berikut tips agar surat lamaran kita bisa menjadi pusat perhartian HRD.

1. Pemilihan amplop
Banyaknya pelamar yang mengirimkan surat lamaran, terkadang membuat surat lamaran kita akan tertumpuk dan tidak terlihat. Amplop yang digunakan selalu cenderung sama, yaitu amplop warna coklat. Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya gunakan amplop yang berbeda. Amplop yang berwarna lain agar surat lamaran kita dilirik oleh HRD perusahaan.

2. Desain CV yang menarik
Saat amplop kita telah terpilih oleh HRD, maka yang akan dilihat selanjutnya adalah tampilan dari CV kita. Jangan membuat CV yang biasa saja, tapi bisa dengan membuatnya menjadi sebuah buku atau dengan menjilidnya agar terlihat lebih rapih. Dan pasti akan membuat HRD merasa penasaran dengan isi dari CV kita.

3. Lengkapi informasi pada surat lamaran
Lengkapi semua data yang dibutuhkan dalam CV agar HRD tidak bingung untuk membaca sedikit tentang kita dalam CV. Hal utama yang perlu dicantumkan adalah nomor aktif yang bisa digunakan untuk menghubungi kita. Agar saat perusahaan tertarik dengan kita, perusahaan akan dengan mudah untuk memanggil kita dalam seleksi kerja.

4. Cantumkan tujuan surat lamaran
Banyaknya surat lamaran yang masuk dalam sebuah perusahaan akan membuat surat lamaran kita tidak sampai pada tujuan utama kita. Maka dari itu, cantumkan dengan jelas kepada siapa surat lamaran terebut akan dituju, untuk menghindari surat lamaran kita terselip dan tidak terbaca.

5. Tulis dengan rapi

Kerapian dalam menulis merupakan hal utama dalam surat lamaran, saat kita menggunakan hasil cetak sebaiknya atur jenis huruf dan spasi dalam penulisan. Jangan menggunakan font yang membingungkan dan susah untuk dibaca. Gunakanlah font yang standar dan tidak perlu menggunakan tulisan berwarna. Untuk menghiasnya coba gunakan tambahan bingkai yang sederhana.

Gunakan cara yang tidak biasa untuk mendapatkan pekerjaan yang luar biasa. Jangan lupa sertai semua dengan doa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.