Berita Nasional Terpercaya

Semakin Cerdas Dengan Permainan Sederhana Ini, Anak Zaman Now Harus Coba!

0

Bernas.id – Banyak anak anak zaman now yang kurang berminat dengan Teka Teki Silang. Bosanlah, capek mikirlah, betelah, tidak menariklah, bikin pusing lah, dan segudang alasan yang dikemukakan mereka. Itu semua dikemukakan karena mereka banyak yang tidak tahu manfaatnya mengisi TTS.

TTS atau Teka Teki Silang yang berbentuk kotak-kotak hitam dan putih, sering kita jumpai di surat kabar ternama, dan bahkan majalah. Tidak jarang pula ada majalah khusus yang berisikan berbagai macam TTS.

Memang, anak zaman sekarang banyak yang tidak menyukai mengisi kotak-kotak yang tersedia dengan mejawab berbagai pertanyaan yang telah disediakan. Andai saja mereka tahu manfaat mengisi TTS, tentu saja mereka akan kecanduan dan sangat menyukainya.

Mari kita simak beberapa manfaat mengisi TTS:

Terhindar dari kepikunan di masa tua

Dengan mengisi TTS otak akan selalu terasah dan semakin tajam, daya ingatpun dapat meningkat, karena pertanyaan yang sama akan muncul pada TTS yang lain, dengan demikian otak dengan cepat mengingat jawaban yang pernah diisikan.

Dapat mengasah otak

Pada Teka Teki Silang terdapat banyak pertanyaan yang membutuhkan jawaban sesuai dengan ketersediaan kotak dan kesesuaian huruf penyambung untuk pertanyaan lain. Dengan demikian otak kiri yang selama ini digunakan untuk berfikir akan serta merta bekerja, setelah jawaban dapat otak kanan ikut bekerja untuk menyesuaikan kata dengan jumlah kotak yang tersedia.

Menambah kosa kata atau istilah

Perbendaharaan kata atau istilah serta merta muncul dalam kotak jawaban, ada yang memang harus dicari dengan huruf bantu yang sudah ada, ada juga yang tanpa disadari sudah ada jawabannya karena menjawab pertanyaan-pertanyaan lain.

Orang yang sering mengisi TTS dipastikan memiliki perbendaharaan kata dan istilah yang lebih banyak dari pada yang tidak pernah mengisi TTS.

Melupakan kegiatan rutin yang menjemukan

Pekerjaan dengan rutinitas yang tidak bervariasi membuat kebosanan cepat timbul, selain menghirup udara segar, mengisi TTS juga merupakan salah satu cara rileks dengan tanpa sengaja sudah melupakan rutinitas sejenak, karena asyik mengisi TTS.

Melatih kedisplinan

Mengisi TTS melatih kita untuk disiplin dan fokus pada TTS tersebut. Biasanya dengan memulai mengisi TTS kita akan berkomitmen dengan diri kita untuk menyelesaikannya sebelum mengerjakan pekerjaan yang lain.

Mengeksplor kemampuan diri untuk berkembang

Kita akan berupaya keras jawaban yang tepat dari setiap pertanyaan, tidak jarang kita mencari di kamus, menelaah ensiklopedia, ataupun mencari di internet sampai menemukan jawabannya.

Meningkatkan rasa ingin tahu

Ada beberapa pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya, hal ini menimbulkan rasa ingin tahu kita yang tinggi. Ketika kata untuk jawaban sudah didapat, nah ternyata hal ini menimbulkan rasa penasaran untuk mencari lebih dalam pengertian kata tersebut. Satu lagi bertambah pengetahuan dan perbendaharaan kata kita.

Menumbuhkan daya juang dan mental juara

Semakin sering kita mengisi TTS, semakin sering pula kita mengeksplor otak kita sebelum bertanya atau mencari kepada orang lain. Biasanya kita merasa jengkel kalau kita membaca pertanyaan, lalu tiba-tiba orang lain memberikan jawabannya, dan kita hanya tinggal menuliskan saja. Rasa jengkel itu karena kita tidak diberikan kesempatan mencari jawabannya. Dan kalau jawabannya didapat dan tepat, ada rasa kepuasan tersendiri dalam diri.

Dengan berbagai macam manfaat yang diberikan dengan rajin mengisi TTS, bukan berarti sehari-hari pekerjaan kita mengisi TTS saja dan menghentikan kegiatan rutin lainnya. Yang perlu diingat, TTS hanyalah selingan yang sangat bermanfaat, bukan pekerjaan pokok.

Semoga permainan mengasah otak yang bernama TTS kembali berjaya dan digemari oleh anak-anak zaman now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.