Berita Nasional Terpercaya

Klub Rusia Ini Dikecam Karena Membuat Postingan Rasis di Twitter

0

Bernas.id ? Sorotan tajam tengah menimpa Spartak Moskow. Bukan karena tindakan mereka di atas lapangan, klub asal Rusia tersebut lantas menjadi sorotan. Postingan kontroversial di akun Twitter resmi Spartak menjadi alasan mengapa klub tersebut menerima sorotan negatif dan banjir kritikan.

Postingan yang dimaksud dibuat pada hari Sabtu waktu setempat (13/1/2018). Di dalam postingan tersebut, pihak klub menyertakan cuplikan video yang menampilkan tiga orang pemain asing Spartak saat menjalani sesi latihan di Uni Emirat Arab.

Video tersebut secara sepintas terlihat sebagai video latihan biasa. Sumber kontroversi utama datang dari tulisan yang menyertai video. Di atas video, terdapat tulisan berbahasa Rusia yang jika diterjemahkan bermakna ?lihatlah bagaimana cokelat meleleh di bawah matahari.? Kebetulan semua pemain yang muncul dalam video adalah pemain berkulit gelap.

Tulisan tersebut ternyata berbuntut panjang karena dianggap berbaru rasis dan melecehkan mereka yang berkulit gelap. Netizen pun beramai-ramai mengkritik postingan tersebut. Sadar akan kontroversi yang timbul, postingan tadi lantas dihapus oleh pihak Spartak.

Insiden ini turut menarik perhatian FIFA selaku badan tertinggi sepak bola dunia. Menurut pernyataan tertulis FIFA seperti yang dikutip oleh Reuters, FIFA memperingatkan kalau tidak ada tempat bagi rasisme di sepak bola.

FIFA patut merasa khawatir terkait insiden ini mengingat beberapa bulan lagi Piala Dunia sudah bakal dilaksanakan di Rusia. Terlebih lagi menurut pengakuan sejumlah pemain kulit hitam yang pernah merumput di Liga Rusia, ejekan berbau rasis dari suporter tim lawan merupakan hal yang cukup sering terjadi.

Insiden rasisme sendiri bukanlah insiden yang asing bagi Spartak. Menurut laporan Daily Mail, Spartak sudah dua kali didenda selama tiga tahun terakhir akibat tindakan rasis suporternya. Terkait insiden di Twitter ini, FIFA meminta kepada federasi sepak bola Rusia untuk mengambil tindakan yang diperlukan mengingat kasus ini masih berada di bawah ruang lingkup mereka.

Leave A Reply

Your email address will not be published.