Berita Nasional Terpercaya

Ada Apa Sih dengan Drama Korea?

0

Bernas.id – Banyak di antara kita yang sangat jatuh cinta dengan drama Korea, bukan? Bahkan sudah tidak jarang lagi kita temukan ada beberapa serial atau film Amerika, ternyata mengadopsi dari kisah atau ide cerita drama korea. Memangnya ada apa dengan drama Korea, sehingga bisa begitu memikat hati penggemarnya?

1. Kreativitas Ide cerita

Bagi yang sudah sering menonton drama Korea, pasti sudah sangat paham tentang kreatifnya ide drama Korea. Hal itu karena memang Korea sangat menjadikan drama sebagai salah satu aset bisnisnya Korea, sehingga bisnis produksi drama di Korea sangat berkembang dengan pesat. Ketatnya persaingan itulah yang membuat para pelaku bisnisnya harus selalu memutar otak untuk menghadirkan cerita yang menarik. Hal ini agar mendapatkan rating yang memuaskan.

2. Karakter Tokoh yang kuat

Dalam drama Korea, selain penampilan para aktor dan aktrisnya yang cukup sedap dipandang mata, ternyata yang sangat menarik hati pemirsanya adalah penokohan yang kuat. Dalam cerita-cerita yang disajikan, akan ada tokoh-tokoh yang terlihat jelas sifat dan karakternya. Kemampuan penokohan itulah yang akhirnya membius para pemirsa. Memang, untuk mendalami peran tersebut, para aktor atau aktris Korea melakukan usaha yang kadang tidak biasa. Penokohan yang kuat itu akan mendukung ide cerita yang ingin dikembangkan.

3. Episode singkat, Cerita padat

Bayangkan perbedaan drama Korea dengan sinetron Indonesia dari sisi jumlah episodenya. Dalam sinetron Indonesia, jika ternyata sinetronnya sangat disukai pemirsa, maka akan dibuat season selanjutnya. Cerita yang seharusnya sudah selesai justru akan dikembangkan, tetapi sebenarnya sudah menyimpang jauh dari ide cerita awalnya. Berbeda dengan drama Korea. Apapun genre dan ceritanya, jumlah episodenya rata-rata hanya antara 16-20 episode. Lebih banyak dari Jepang, yang rata-rata 6-12 episode, tetapi masih lebih sedikit dari mandarin yang bisa mencapai lebih dari 30 episode. Namun, meskipun episodenya relatif singkat, ceritanya bisa menjadi sangat padat. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang rela begadang untuk menontonnya.

4. Setting Lokasi

Lokasi yang digunakan pun sangat mendukung suasana untuk ceritanya. Sering sekali Korea menggunakan tempat-tempat di dramanya itu sebagai cara untuk mempromosikan negaranya ke seluruh dunia. Ada tempat yang dulunya tidak begitu dikenal, tetapi setelah muncul di drama, banyak wisatawan akhirnya menjadikannya destinasi wisata saat berkunjung ke Korea. Khusus untuk drama dengan setting sejarah kerajaan (dinasti) zaman dulu, Korea mempunyai sebuah setting tempat khusus yang digunakan untuk syuting. Luarrrr biasaaa!

5. Acting

Karena basic-nya adalah drama, maka para aktor dan aktris Korea lebih fokus untuk memainkan ekspresi wajah. Berbeda dengan western yang lebih fokus pada action-nya, drama Korea memikat dengan acting yang keren dalam ekspresi. Bahkan ada ekspesi tanpa ekspresi, tetapi acting-nya sangat mengena di hati.

Belum pernah nonton drama Korea? Wah mungkin sekarang juga perlu untuk memasukkannya ke wishlist deh! Jangan geli melihat para pria berkulit wajah porselen, tapi bayangkan betapa banyakya ide kreatif yang mampir ke pikiran kita setelah menontonnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.