Berita Nasional Terpercaya

Warga Rohingya di Bangladesh Bakal Dipulangkan ke Myanmar

0

Bernas.id ? Langkah maju berhasil dicapai oleh pemerintah Bangladesh dan Myanmar terkait krisis Rohingya. Kementerian Luar Negeri Bangladesh mengumumkan pada hari Selasa (16/1/2018) kalau pihaknya siap memulangkan kembali pengungsi etnis Rohingya di negaranya dalam kurun waktu dua tahun.

Pernyataan tersebut dibuat setelah perwakilan kedua negara melakukan pertemuan di ibukota Myanmar, Naypyitaw. Menurut pihak Bangladesh, pemerintah Myanmar sudah menyatakan kesediaannya untuk menghentikan keluarnya arus pengungsi dari negaranya.

Untuk memuluskan rencana pemulangan ini, pemerintah Bangladesh akan mendirikan lima kamp transit. Dari sana, warga Rohingya akan dikirimkan ke dua kompleks penampungan yang terletak di wilayah Myanmar. Mereka rencananya akan tetap ditampung di sana hingga pemerintah Myanmar selesai membangun ulang rumah-rumah untuk warga Rohingya.

Kepada Reuters, pemerintah Myanmar pekan lalu menyatakan kalau kompleks penampungan tersebut sudah siap dioperasikan. Rencananya mulai tanggal 23 Januari, lembaga khusus yang dibentuk oleh pemerintah Myanmar bakal menerima 150 pengungsi Rohingya setiap harinya untuk memeriksa dan mengurus pemberian kewarganegaraan kepada mereka.

Krisis yang menimpa etnis Rohingya sejak tahun lalu bermula ketika pos-pos militer Myanmar menjadi sasaran penyerang. Myanmar lantas membalasnya dengan cara melakukan operasi militer dan pengusiran besar-besaran kepada warga Rohingya di Myanmar barat. Akibatnya sebanyak lebih dari 600 ribu warga Rohingya terpaksa mengungsi keluar negeri.

PBB lantas menuding kalau otoritas Myanmar sedang melakukan pembersihan etnis kepada warga Rohingya. Namun Myanmar membantah tuduhan tersebut dan menegaskan kalau operasi militer mereka dilakukan murni untuk menumpas kawanan teroris. Suu Kyi selaku pemimpin Myanmar juga menerima kritikan dari dunia internasional karena dianggap tidak berbuat apa-apa untuk melindungi nasib warga sipil Rohingya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.