Berita Nasional Terpercaya

Tangkal Pengaruh Rusia, Denmark Bakal Naikkan Anggaran Militer

0

Bernas.id ? Rusia kini tengah dipandang oleh negara-negara sekitarnya dengan perasaan harap-harap cemas. Terlibatnya Rusia dalam konflik di Ukraina serta Suriah menjadi penyebabnya. Denmark yang berlokasi tidak begitu jauh dari Rusia menjadi salah satu negara yang menaruh kecurigaan kepada negara terbesar di dunia tersebut.

Reuters mengabarkan kalau pemerintah Denmark bakal menaikkan anggaran di sektor pertahanan untuk menangkap pengaruh Rusia di Eropa Timur dan Utara. Hal tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Lars Lokke Rasmussen pada hari Senin (15/1/2018).

 ?Saat saya menerima Putin di  Copenhagen pada masa jabatan periode pertama saya di tahun 2010, semua orang mengira kalau peristiwa itu bakal menjadi hubungan kerja sama yang jauh lebih baik di antara Eropa dan Rusia. Dana negara kami bisa mengurangi anggaran militer,? kata Rasmussen.

?Namun dengan melihat sikap agresif Rusia dan apa yang terjadi di Krimea, saya rasa kami harus bersikap lebih realistik tentang hal-hal di lapangan dan mengucurkan uang lebih banyak untuk sektor keamanan kami,? tambahnya. ?Kami ingin melihat diri kami sebagai anggota NATO yang penting. Dan untuk mewujudkan hal itu, kami harus menambah pengeluaran kami.?

Perdana Menteri Denmark berencana mengajukan kenaikan anggaran militer sebanyak 20 persen untuk lima tahun ke depan. Ia memperkirakan kalau mayoritas anggota parlemen bakal menyetujui usulannya tersebut. Pekan lalu, Denmark juga sudah mengirimkan 200 tentara ke Estonia sebagai bagian dari kontingen NATO di Eropa Timur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.