Berita Nasional Terpercaya

Idrus Marham Memulai Karir Politik di Golkar, Kini Jadi Mensos

0

JAKARTA, Bernas.id – Idrus Marham terpilih mengganti Khofifah Indar Parawansa sebagai Menteri Sosial di Kabinet Pemerintahan Jokowi-JK.

Pria kelahiran Pinrang, Sulawesi Selatan, 14 Agustus 1962 itu memulai karirnya di Jakarta. Mulanya, ia sebagai dosen di beberapa perguruan tinggi. Idrus mengajar di Universitas Tarumanegara, Universitas 17 Agustus ?45 Jakarta, dan Universitas Islam Attahiriyah (UNIAT).

Setelah berkarir di bidang akademis, Idrus masuk ke dunia politik. Ia pun menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mewakili unsur pemuda. Idrus pernah tercatat menduduki Ketua Umum Badan Komunikasi  Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI).

Karier politik berikutnya menjadi Wakil Koordinator Bidang Kompol LPP DPP Golkar tahun 2002. Bergabung di Golkar, Idrus terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk tiga periode berturut-turut, yakni 1999-2004, 2004-2009, dan 2009-2014.

Idrus pernah masuk sebagai anggato Panitia Khusus (Pansus) Angket Century. Namun, kapasitasnya yang sempat diragukan, Idrus membuktikannya dengan keseriusannya. Namanya makin melambung saat dia terpilih sebagai sekretaris jenderal partai dari kalangan sipil. Sebab, sebelumnya jabatan Sekjen Golkar diisi dari kalangan militer. Saat musyawarah nasional luar biasa di Bali, Idrus terpilih lagi menjadi Sekjen Partai Golkar mendampingi Aburizal Bakrie. Setya Novanto terpilih sebagai Ketua Umum Golkar untuk periode 2016-2019. Sayangnya, langkah Novanto terhenti sebelum masa jabatannya berakhir karena terjerat kasus dugaan korupsi.

Idrus Marham pun akhirnya masuk ke dalam Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK mengganti Menteri Sosial yang sebelumnya dijabat oleh Khofifah. Wajah Idrus terlihat semringah saat tiba di Istana, ia mengaku kaget dipilih Jokowi untuk menjadi Mensos.

Idrus masih malu-malu menceritakan pemilihannya sebagai Mensos untuk menggantikan Khofifah Indar Parawansa. “Saya kira tidak etis komentari ini, biar proses di dalam berjalan baik,” kata Idrus di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/18).

Idrus mengaku sudah pernah diajak ngobrol oleh Jokowi dalam beberapa kali kesempatan sebelum dilantik. Namun, Idrus menyebut Jokowi tak pernah menyinggung soal pemilihan menjadi menteri.
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.