Berita Nasional Terpercaya

Resolusi Tahunan? Belum terlambat. Yuk Buat dan Buktikan!

0

Bernas.id – Mengawali awal tahun dengan hal yang positif adalah hal baik yang mungkin dapat merubah nasib kita selama satu tahun mendatang. Untuk itu perlunya menuliskan apa target tahunan yang ingin kita capai yang nantinya akan dievaluasi saat akhir tahun telah tiba.

Baca juga: Mengenal Teks Berita, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Penulisannya

Bagaimana merancang resolusi yang tepat untukmu tahun ini? Yuk simak!

1. Catat target yang ingin kita capai

Tidak usah muluk-muluk dan terlalu banyak, beberapa saja. Setidaknya kita yakin bahwa hal itu dapat kita raih.

2. Fokus dan tentukan cara

Terkadang kita punya target akan suatu hal tetapi tidak tahu bagaimana cara memulai agar target itu tercapai. Nah, mulai saat ini pikirkan cara paling efektif versimu, untuk membuat target kita tercapai.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Teks Persuasif Sesuai Jenis dan Strukturnya?

3. Deadline

Bukan target namanya kalau hanya kata-kata dan tanpa hari penentuan. Buatlah tanggal atau waktu di mana kita pastikan target kita itu setidaknya harus sudah tercapai

4. Branding diri

Lingkungan positif akan memberikan hasil yang positif, begitupun sebaliknya. List teman-teman yang memberikanmu lingkungan positif dan mulailah harimu dengan pikiran yang positif. Jika saat ini lingkunganmu belum sejalan denganmu, maka tinggalkanlah dan cari lingkungan yang akan menjadikanmu lebih bermanfaat.

Baca juga: Contoh Paragraf Induktif, Deduktif, Campuran, dan Ineratif

5. Komitmen

Rasanya tak afdol jika semua sudah dikerjakan satu per satu, tapi kita sendiri tidak berkomitmen yang tinggi dengan target kita di awal. Kesannya seperti saat kita membeli nasi ayam tapi tidak ada ayamnya. Bagaimana rasanya? Hambar bukan?

6. Berterima kasih pada diri sendiri

Jika semua target yang kita tulis tadi sudah tercapai, maka tidak ada salahnya untuk berterima kasih pada dirimu sendiri, sebab ia telah berjuang demi mencapai targetmu. Luangkanlah waktu untuk me time dan melakukan hal yang kita suka (dalam konteks halal) sebelum target selanjutnya kita lakukan.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku 2021

Leave A Reply

Your email address will not be published.