Berita Nasional Terpercaya

Susah Tidur? Lakukan Hal Ini pada Saat Anda Insomnia

0

Bernas.id – Sering kali iinsomnia menyerang beberapa orang. Insomnia merupakan sebuah penyakit yang memang membutuhkan penanganan khusus. Namun tidak jarang insomnia terjadi karena kebiasaan seseorang melakukan begadang. Biasanya mereka yang mengalami insomnia karena tuntutan kerja yang harus diselesaikan, atau hanya sekedar untuk bermain game. Insomnia yang terus-terusan terjadi sangat tidak baik untuk kesehatan. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengobati insomnia secara alami:

Bersih diri biar lebih fresh
Saat kondisi tubuh Anda sedang tidak fresh, bisa menyebabkan Anda insomnia. Karena badan yang tidak segar atau kotor membuat Anda tidak nyaman untuk beristirahat. Aktivitas yang Anda lakukan seharian memproduksi banyak keringat dan bakteri pada tubuh. Sebaiknya setelah pulang dari bekerja atau beraktivitas di luar, Anda bisa melakukan bersih diri dahulu sebelu, tidur agar tidur Anda bisa lebih berkualitas.

Jauhkan dari HP
Kebiasaan Anda bermain HP sesaat sebelum tidur dapat merusak konsentrasi Anda. Saat Anda bermain HP hanya untuk melihat-lihat sosial media, otak akan berpikir lebih keras sehingga rasa kantuk yang Anda rasakan sebelumnya akan hilang. Tekankan pada diri Anda, bahwa Anda harus tidur dengan cepat.

Jangan makan malam terlalu banyak
Makan terlalu banyak akan membuat Anda susah tidur. Karena saat perut terisi, maka lambung akan mengirimkan sinyal pada otak untuk bekerja. Dan lambung harus bekerja lebih ekstra agar makanan dapat dicerna.

Jangan menunda tidur
Biasanya, saat orang sedang asik bermain game atau menontom film, mereka akan menyelesaikan apa yang telah mereka kerjakan. Sehingga rasa kantuk yang telah datang, Anda abaikan dan tetap berkonsentrasi pada aktivitas Anda.

Fokus dengan tujuan tidur
Saat Anda akan tidur, hendaknya Anda bisa fokus untuk tidur. Tidak tergiur untuk melakukan kebiasaan Anda yang dapat mengganggu jam tidur, seperti menonton film atau bermain game. Atau Anda terlalu memikirkan suatu hal yang dapat membuat Anda merasa cemas sehingga mengganggu pikiran. Buatlah pikiran Anda tenang agar mudah untuk tertidur.

Mulailah hidup sehat dengan tidur teratur sesuai standar kesehatan, yaitu 8 jam per hari. Jangan siksa tubuh Anda dengan kegiatan yang dapat merusak tubuh dan mengganggu kesehatan. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.