Berita Nasional Terpercaya

Mungkin Anda Tidak Akan Melewatkan Waktu Sarapan, Jika Mengetahui Manfaat Nomor 2 Ini !

0

Bernas.id – Apakah Anda termasuk yang sering melewatkan sarapan? Jika ?ya?, setelah ini sebaiknya Anda mengubah kebiasaan tersebut. Banyak orang yang karena beragam alasan melewatkan waktu sarapannya, kebanyakan beralasan karena buru-buru, tidak sempat, atau tidak ada makanan yang siap dijadikan sarapan. Wah, sayang sekali.

Padahal waktu makan yang tidak boleh dianggap sepele sebenarnya adalah waktu sarapan. Berikut beberapa manfaat sarapan yang akan disajikan. Silahkan menyimak!

1. Sumber Energi

Jika dianalogikan, sarapan bagi tubuh seperti mengisi bensin kendaraan. Sarapan menjadi sumber asupan gizi untuk menghasilkan energi yang dapat menunjang aktivitas seharian. Maka, sesibuk apapun hendaknya Anda sempatkan sarapan di pagi hari agar aktivitas sepanjang hari Anda berjalan optimal.

2. Mencegah Kegemukan

Kebanyakan orang mungkin beranggapan cara diet adalah dengan tidak sarapan atau makan pagi, padahal menurut beberapa penelitian tidak sarapan justru meningkatkan resiko kegemukan. Hal ini disebabkan karena keadaan lapar di pagi hari dapat meningkatkan nafsu makan di siang sampai malam hari. Oleh karena itu dengan sarapan di pagi hari, Anda bisa menekan rasa lapar dan mengontrol nafsu makan di waktu makan berikutnya

3. Meningkatkan Kinerja Otak

Kadar gula dalam darah yang menurun akibat aktivitas tidur semalaman, dapat diperbaiki dengan sarapan, yang berpengaruh juga pada perbaikan kinerja otak karena otak mendapat asupan gizi. Sehingga kemampuan otak berfikir dan konsentrasipun meningkat.

4. Menjaga Kesehatan Jangka Panjang

Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard University School of Public Health menunjukan adanya keterkaitan kebiasaan sarapan dengan kesehatan. Orang-orang yang terbiasa sarapan secara jangka panjang dapat terhindar dari resiko penyakit diabetes. Mereka juga dapat mengurangi resiko serangan jantung, hipertensi, migrain, asam lambung tinggi bahkan kanker.

5. Menjaga suasana hati

Orang-orang yang rajin sarapan pagi, suasana hati atau mood-nya akan lebih baik dibanding yang tidak pernah sarapan. Anda percaya atau tidak? Buktikan saja!

Setelah mengetahui sederet manfaat sarapan, tentunya sekarang Anda tidak ingin lagi melewatkan waktu sarapan Anda bukan? Namun Anda tetap harus mengontrol menu sarapan yang Anda makan. Usahakan memilih makanan yang tinggi protein seperti telur, susu, dan makanan kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan. Hindari sarapan terlalu banyak, apalagi dengan menu makanan kaya lemak, karena jika tidak maka manfaat sarapan yang dijelaskan di atas akan berkurang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.