Berita Nasional Terpercaya

Kontra Film Dilan, Itu Semua Hanya Perbedaan Sudut Pandang dan Imajinasi

0

Bernas.id –Ketika novel Dilan 1990 akan diangkat menjadi sebuah film, banyak pencinta novel ini mulai mengembangkan imajinasi tentang tokoh Dilan dan Milea hasil kreasi otak kanan masing masing. Ada yang membayangkan mejadi murid putih-abu lagi, ada yang membayangkan akan menemukan pasangan hidup seromantis Dilan. Dan masih banyak imajinasi yang muncul dari indahnya kisah cinta masa SMA.

Alhasil ketika diumumkan siapa pemeran tokoh Dilan dan Milea dalam film ini, yaitu Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan (18) atau lebih akrab disapa Iqbal CJR dan Vanesha Prescilla (18)  banyak pencinta novel karya Pidi Baiq mulai berpendapat, baik itu positif dan negatif.

Memang dalam menginterpetasikan sebuah novel ke dalam film, banyak hal yang harus menjadi pertimbangan. Seperti dikatakan oleh sutradara film tersebut Fajar Bustomi dan Ody Mulya selaku produser, di  CGV Grand Indonesia, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (16/1) ,? Tidak mungkin novel 300 halaman, diuraikan dalam sebuah film yang durasinya pendek jika berbanding dengan jumlah halaman novel?.

Jadi ada beberapa bagian yang harus diikhlaskan dibuat lebih berseni menurut ilmu sinematografi, yang kadang kita tidak mendalaminya bahkan mungkin tidak mengerti cara membuatnya.

Perbedaan pendapat antara penulis novel dengan sutradara  pasti pernah terjadi. Karena perbedaan sudut pandang dan juga imajinasi. Tapi setelah melewati proses panjang yang begitu berat, ketika sang penulis melihat hasil editing final, reaksi Pidi Baiq ternyata sangat senang sampai menuliskan kebahagiaan itu di akun Instagramnya.

Jadi penasaran kan dengan film Dilan? Sudah siap mengunjungi bioskop tanggal 25 Januari 2018 nanti?  Terlepas dari kontranya, siap-siap baper ya dengan semua kata romantis Dilan kepada Milea.

Leave A Reply

Your email address will not be published.