Berita Nasional Terpercaya

Lakukan 3 Langkah Sederhana Ini Untuk Memperbaiki Perbaiki Kualitas Tidur Anda, Agar Kualitas Hidup Anda Ikut Membaik

0

Bernas.id ? Kualitas tidur yang buruk baik disebabkan oleh sesuatu yang mengganggu pikiran dan kesehatan Anda, atau pun disebabkan oleh lingkungan yang tidak mengganggu ketenangan Anda, sedapat mungkin diatasi atau dihilangkan. Ketika masalah yang mengganggu kenyamanan tidur Anda dibiarkan tanpa terselesaikan, maka Anda akan terus berada dalam lingkaran gangguan tidur di malam hari. Akibatnya, kehidupan Anda pada pagi hingga sore hari berikutnya terus saja terganggu.

Kualitas tidur yang buruk dapat pula membuat Anda berada dalam lingkaran yang membuat fungsi metabolisme dan kondisi kesehatan Anda semakin buruk. Kualitas tidur yang buruk pertama-tama  membuat Anda khawatir, bahwa malam nanti Anda tak dapat tidur, karena hal itu Anda berusaha mengontrol akan berusaha mengontrol pola tidur Anda. Semakin keras usaha Anda mengontrol pola tidur membuat Anda kehabisan energi psikis, tanpa Anda sadari Anda akan terus berusaha mengontrol pola tidur, dan begitu seterusnya.

Lalu apa yang harus dilakukan agar pola tidur Anda semakin baik? Hingga akhirnya Anda dapat tidur dengan nyenyak, sehingga keesokan harinya Anda bangun lebih segar. Ternyata 3 hal sederhana ini perlu Anda lakukan untuk membuat kehidupan Anda lebih baik, dengan memperbaiki kualitas tidur di malam hari:

1. Terima hal yang tak dapat Anda ubah

Hal apa saja yang mengganggu tidur Anda dan tak dapat Anda ubah. Misal, polusi suara yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda atau cuaca yang sedang terjadi saat ini. Hal tersebut tak dapat Anda ubah, karena mengubah lingkungan dan cuaca memerlukan upaya yang sangat besar dan sulit Anda lakukan sendiri. Yang dapat Anda lakukan adalah menyesuaikan diri dengan kedua hal tersebut.

2. Ubah yang mampu Anda ubah

Jika Anda memiliki kualitas tidur yang buruk dan hal terebut dikarenakan stres yang Anda miliki, atau keluhan fisik yang sudah terdiagnosa secara medis, maka Anda mampu mengontrol hal tersebut. Ubah perlahan hal tersebut dengan cara mengenali penyebab stres dan keluhan fisik Anda. Lakukan terapi medis jika diperlukan.

3. Pahami perbedaan keduanya

Pahami kedua hal yang diatas dan lakukan yang mampu Anda upayakan. Jangan memaksakan diri Ada mengubah yang diluar kemampuan Anda. Batasi diri Anda dalam mengelola gangguan yang menurunkan kualitas tidur Anda.

 

Kualitas tidur terlihat sebagai hal yang sepele dan tak penting untuk dibahas. Namun, banyak sekali orang yang akhirnya harus mengonsumsi obat penenang, karena tak mampu mengelola pola tidur dan penyebab gangguannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.