Berita Nasional Terpercaya

Istimewa! Cara Ini Mampu Meningkatkan Kesiapan Ekonomi Menjelang Pernikahan

0

Bernas.id – “Biaya pernikahan makin tinggi. Estimasi dana penyewaan gedung resepsi juga cenderung meningkat. Belum lagi segala perintilan yang harus dikumpulkan sebagai biaya keluarga“. Keluhan klasik zaman now yang memapas niat menikah seseorang. Dana dengan nominal belasan sampai ratusan juta masih menjadi sebab penundaan tanggal pernikahan bagi sebagian pasangan. Pernikahan yang diharapkan satu kali terjadi dalam hidup menjadi alasan mengapa pernikahan harus istimewa. Apakah Anda juga bermasalah terkait biaya pernikahan dan serba-serbi sejenisnya? Dalam Islam ada beberapa cara meningkatkan kesiapan ekonomi sebelum hingga sesudah menikah.

Layaknya modelis yang saat tampil dituntut terlihat istimewa, sepertinya pernikahan pun demikian. Setiap orang berlomba satu sama lain menampilkan suguhan terbaik pada perayaan pernikahan. Sebagai Muslim tak semestinya mengambinghitamkan biaya pernikahan sebagai penundaan akad. Tentu karena Islam sudah secara tegas mengajarkan tips meningkatkan rezeki.

Sedekah

Tidaklah berlalu pagi di setiap hari kecuali ada dua malaikat yang turun dan berdoa ? Ya Allah, berikanlah ganti pada yang berinfaq? Sedangkan malaikat yang satunya berdoa ? Ya Allah berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan berinfaq.? (HR Bukhari dan Muslim)

Bahkan bersedekah menjadi cara malaikat mendoakan kebaikan bagi kita.

Salat Dhuha

“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan 4 rakaat salat Dhuha. Karena dengan shalat Dhuha, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya. ?(HR Hakim dan Thabrani).

Dari hadist tersebut tersirat bahwa Allah akan memberikan seseorang kecukupan dalam sehari. Jangankan untuk satu orang saja, jaminan kecukupan juga berlaku bagi sepasang kekasih halal. 

Salat tahajud

Allah turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata, “Siapa yang berdoa kepada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta kepada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun kepada-Ku, pasti akan aku ampuni.” (HR Bukhari dan Muslim).

Konon katanya ketika kita melaksanakan salat tahajud tanpa meminta pun Allah sudah tahu apa yang kita inginkan. Seistimewa inilah salat tahajud bagi kaum manusia. Kesulitan rezeki bisa menjadi mudah jika Allah berkehendak. Nilai plus yang terberi pada manusia yang meluangkan waktunya untuk terbangun di saat orang lain menikmati tidurnya.

Berdoa 

?Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.? (QS. Al-Baqarah: 186).

Tak ada yang lebih berkuasa menentukan hidup kita kecuali Allah. Bahkan hanya sekedar persiapan menikah dan pemenuhan kebutuhan keluarga adalah hal sepele bagi-Nya.

Menikah adalah karunia terindah yang Allah siapkan untuk kita. Bukan untuk mempersulit hidup melainkan menjadikan hidup lebih berwarna. Jika soal rezeki yang dikhawatirkan, maka Islam telah memperjelas jalan keluarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.