Berita Nasional Terpercaya

Kemenhub Pastikan Pembangunan Bandara Kertajati Memiliki Kelengkapan Fasilitas

0

JAKARTA, Bernas.id – Proses pembangunan Bandara Kertajati di Jawa Barat diyakini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan dilengkapi semua kebutuhan fasilitas.

Menurut Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso, menjabarkan nantinya porses pembangunan meliputi sisi udara baik runway, taxiway, appron, tower hingga operasional navigasinya, dan untuk landasan pacu atau runway akan dilakukan perpanjangan agar pesawat berbobot besar atau wide body bisa mendarat di Bandara Kertaja.

“Untuk itu akan dilakukan perpanjangan runway sepanjang 500 m sehingga panjang runway menjadi 3.000 meter. Kami akan mengawal proses perpanjangan runway tersebut sehingga memenuhi aspek keselamatan penerbangan sesuai aturan yang berlaku,” ungkap Agus Santoso, di Jakarta,  Kamis (18/1/2018).

Rencananya bandara yang saat ini memiliki panjang 2.500 dan lebar 60 meter ini akan digunakan untuk embarkasi haji mulai Juli 2018 ini.

Terkait jalanan desa yang berada di tengah runway yaitu desa Bantarjati dan Desa Sukamulya akan segera ditutup untuk menjaga keselamatan pekerjaan.

“Untuk menghindari gejolak sosial yang timbul jika jalan tersebut ditutup, maka harus dibuatkan jalan lingkar dan memberi edukasi serta pemahaman pada masyarakat sekitar terkait hal tersebut dan terkait keberadaan bandara,” papar Agus.

Sedangkan untuk apron yang saat ini memiliki panjang 576 meter dan lebar 151 meter akan dirancang agar bisa digunakan untuk parkir pesawat narrow body sejenis Boeing B737 series dan Airbus A320 series. Lalu bisa juga dipakai untuk parkir 4 pesawat wide body seperti pesawat Boeng 747 dan B777 series atau Airbus A330 series yang akan digunakan untuk penerbangan haji.

Leave A Reply

Your email address will not be published.